Review Poco X6 5G: Ciamik untuk HP Harga Rp 3 Jutaan
Isi boks Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]
07:32
11 Februari 2024

Review Poco X6 5G: Ciamik untuk HP Harga Rp 3 Jutaan

Poco X6 5G baru saja diluncurkan ke Indonesia. Ponsel ini dirilis bersama sang kakak, Poco X6 Pro 5G serta Poco M6 Pro.

Poco X6 5G dikenalkan sebagai penerus dari Poco X5 5G yang diluncurkan tahun lalu. Ponsel ini hadir dalam varian warna hitam dan putih.

Suara.com berkesempatan melakukan review Poco X6 5G versi warna putih selama 10 hari. Berikut ulasannya.

Desain

Poco X6 5G ini hadir dengan layar datar dengan tepian yang melengkung. Panel belakang dan bingkainya terbuat dari bahan plastik.

Ukuran dimensi Poco X6 ini yakni 161.15mm x 74.24mm x 7.98mm dengan berat 181 gram. Sejauh ini kami menyukainya karena memang nyaman digenggam.

Sisi belakang ponsel menampilkan motif ala keramik dan sedikit menimbulkan titik-titik berkilau apabila diperhatikan dari dekat. Meskipun berwarna putih, panel belakangnya ini tidak licin maupun meninggalkan bekas sidik jari.

Review Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Review Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]

Warna putih ini dilengkapi dengan modul kamera belakang besar berwarna hitam yang memakan sepertiga ukuran ponsel. Isinya adalah dua lensa utama, satu lensa kecil, satu lampu flash LED, serta tulisan Poco hingga 64MP OIS.

Ukuran lensanya yang besar ini membuat ponsel tidak rata ketika diletakkan dengan layar menghadap ke bawah. Modul kamera ini pun masih meninggalkan sidik jari serta licin.

Beralih ke sisi bawah ada port dual SIM (tanpa slot Micro SD), USB-C, mikrofon, dan speaker. Di sisi atasnya ada port jack audio 3.5mm, mikrofon, Infrared blaster, dan speaker.

Artinya ada Poco X6 5G ini membawa dual speaker atas bawah. Sedangkan sisi kanannya ada tombol power hingga pengatur volume, lalu sisi kiri tidak ada tombol apapun.

Fitur lainnya yakni rating IP54 untuk tahan percikan air dan debu. Jadi kalian tidak perlu khawatir apabila Poco X6 5G ini terkena air hujan, tapi tidak berlaku apabila ponselnya direndam.

Isi boks Poco X6 5G sendiri mencakup satu unit ponsel, charger 67W beserta kabel USB-A to USB-C, case silicon berwarna hitam, buku panduan, garansi, SIM ejector, hingga pernak-pernik seperti pembatas buku dan stiker Poco.

Isi boks Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Isi boks Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]

Layar

Poco X6 5G memiliki layar AMOLED berukuran 6,67 inci, resolusi 1.5K 2712 × 1220 piksel, kerapatan piksel 446 PPI, rasio aspek 20:9, color gamut DCI-P3 100 persen, kecerahan maksimum 1.800 nits, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, support Pro HDR display, dan dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Dari spesifikasi di atas, Poco X6 5G sudah pasti nyaman untuk menonton film atau melihat video di media sosial. Layarnya jernih, warnanya bagus, scroll media sosial pun mulus berkat 120Hz.

Satu hal yang kami suka dari layar Poco X6 5G ini adalah desainnya. Bingkai warna putih di bagian luar yang dipadukan bezel warna hitam di dalamnya membuatnya cantik dipandang. Bezelnya pun tipis dari sisi kiri-kanan dan atas, tapi sedikit tebal di bagian dagu atau bawah.

Kamera

Poco X6 5G memiliki kamera utama 64MP dengan fitur optical image stabilization (OIS), kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP di bagian belakang. Lalu kamera depannya beresolusi 16MP berdesain lubang atau punch hole.

Meskipun kamera utamanya 64MP, Poco X6 5G secara otomatis menggunakan resolusi 16MP. Jadi jika kalian ingin foto lebih tajam, mode 64MP ini harus diaktifkan secara manual.

Kamera Poco X6 5G ini memuaskan baik itu untuk foto dalam ruangan maupun luar ruangan, dengan syarat cahaya cukup. Namun entah kenapa kami melihat hasil kamera ponsel ini cenderung dominan dengan warna biru.

Untuk hasil kamera malam hari sebenarnya sudah bagus dengan kondisi terang, baik lensa normal maupun ultrawide. Tapi terkadang beberapa foto warnanya masih kurang pekat.

Kalau untuk kamera selfie, penilaian kami ke Poco X6 5G cukup saja. Tidak bagus tapi tidak kurang juga.

Berikut hasil foto kamera Poco X6 5G:

Hasil kamera belakang Poco X6 5G luar ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G luar ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang ultrawide Poco X6 5G luar ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang ultrawide Poco X6 5G luar ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G luar ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G luar ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G dalam ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G dalam ruangan. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang ultrawide Poco X6 5G malam hari. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang ultrawide Poco X6 5G malam hari. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G malam hari. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G malam hari. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G malam hari. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera belakang Poco X6 5G malam hari. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera depan Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera depan Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera depan efek bokeh Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Hasil kamera depan efek bokeh Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]

Performa

Poco X6 5G diperkuat prosesor Snapdragon 7s Gen 2 yang dipasangkan dengan RAM 12GB LPDDR4X dan ROM UFS 2.2 256GB. Sistem operasinya masih MIUI 14 for Poco, bukan HyperOS laiknya Poco X6 Pro 5G.

Sebelum menghajar Poco X6 5G dengan beragam game, kami memulainya dengan tes performa di atas kertas lewat aplikasi AnTuTu 10.2.0 dan Geekbench 6. Hasil AntuTu Poco X6 5G mencapai skor 579.010.

Lalu hasil Geekbench Poco X6 5G untuk CPU mendapatkan skor single core 1019 dan multi core 2936. Sementara penilaian GPU mendapatkan 1760.

Ada tiga game yang kami tes untuk Poco X6 5G yakni Mobile Legends sebagai game paling ringan, PUBG Mobile untuk game seimbang, dan Genshin Impact yang mewakili permainan kelas berat.

Tak ada kendala untuk Mobile Legends karena selama permainan sangat lancar jaya. Opsi Frame Rate tinggi bisa mencapai Super, sedangkan grafisnya bisa ke Ultra.

Untuk PUBG Mobile pun demikian, meskipun setting grafisnya tidak rata kanan alias tertinggi. PUBG Mobile bisa dimainkan dengan mode grafis HD dan Frame Rate High.

Tes Performa Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Tes Performa Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]

Di game Genshin Impact, Poco X6 5G lancar apabila dimainkan dengan mode Grafik Rendah. Tidak kami sarankan untuk mencoba opsi grafik tertinggi karena itu bisa berakibat patah-patah di tengah permainan hingga panas berlebihan (overheat).

Usai dimainkan, Poco X6 5G juga masih dalam kondisi adem. Dari penilaian di AnTuTu, suhu baterainya hanya 39 derajat celcius, sementara suhu CPU 42,9 derajat celcius.

Untuk pemakaian biasa seperti bermain media sosial, browsing, atau menonton video tidak perlu ditanya. Semuanya bisa dijalankan dengan mulus.

Baterai

Baterai Poco X6 5G ini berkapasitas 5.000mAh dengan charger cepat 67W. Ponsel ini bisa bertahan seharian untuk pemakaian ringan seperti main sosmed, browsing, atau menonton video.

Untuk pemakaian game seperti Mobile Legends dalam 1,5 jam baterainya habis 22 persen, PUBG Mobile 30 menit 7 persen, Genshin Impact 40 menit 13 persen.

Charger 67W ini bisa mengisi daya baterai 10-73 persen hanya dalam waktu 30 menit. Sementara untuk pengisian daya penuh memerlukan waktu sekitar 50 menit.

Review Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]Review Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]

Kesimpulan

Sejauh ini Poco X6 5G nyaris tanpa cela menimbang harganya yang Rp 3 jutaan. Ponsel ini sempurna dari layar, prosesor, baterai, hingga desain, yang mana pilihan terakhir ini amat kami sukai.

Layarnya jernih untuk scroll media sosial atau menonton video, prosesor kencang, baterai awet, charger cepat, desain putih ala keramik, ditambah harganya yang amat miring membuat kombinasi ini menjadi ciamik.

Menurut review kami, minus Poco X6 5G ini ada di bagian kamera. Kalian harus memerlukan cahaya cukup untuk mendapatkan hasil foto lebih baik. 

Terlepas dari semua plus minus di atas, Poco X6 5G ini tentu saja layak beli karena harganya murah di Rp 3 jutaan tapi sempurna di hampir semua sisi. Namun kalian mesti rajin mengecek ketersediaan, menimbang HP Poco kerap kali dicap sebagai 'ponsel gaib'.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #review #poco #ciamik #untuk #harga #jutaan

KOMENTAR