Ganjar Benar soal Pabrik HP di Semarang, Ini Mereknya
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam debat kelima Pilpres 2024. [YouTube Suara.com]
15:56
5 Februari 2024

Ganjar Benar soal Pabrik HP di Semarang, Ini Mereknya

Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo sempat menyebut kalau Indonesia memiliki pabrik HP yang berlokasi di Semarang. Bahkan dia menyebut kalau harga produknya lebih murah.

Hal ini terlontar saat dia menanggapi ancaman impor ponsel di Indonesia yang memiliki nilai Rp 30 triliun. Sementara itu investasi pabrik ponsel masih minim dengan nilai hanya Rp 500 miliar.

"Kita punya industri swasta untuk gadget. Pabriknya ada di Semarang, harganya terjangkau lebih murah. Kalau itu bisa masuk e-katalog kita, sebenarnya kita bisa membantu dia," imbuhnya dalam Debat Capres yang digelar Minggu (4/2/2024).

Berdasarkan penelusuran Suara.com, pernyataan Ganjar soal adanya pabrik HP di Semarang memang benar adanya. Setidaknya ada dua merek HP yang diproduksi di pabrik Semarang tersebut.

Berikut perusahaan HP serta produknya, yang disebut Ganjar saat debat Capres tadi malam.

1. PT Bangga Teknologi Indonesia (Advan)

Berdasarkan situs Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia, PT Bangga Teknologi Indonesia berlokasi di Kawasan Industri Candi, Jl. Gatot Subroto, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Pabrik ini memproduksi HP dengan merek Advan.

Saat ditelusuri di situs resmi Advan, mereka masih menjual ponsel yang diberi nama Advan Nasa Plus dan Advan Nasa 2 Pro. Ponsel pertama dirilis 2020, sedangkan HP kedua diluncurkan 2022 lalu.

Harga Advan Nasa Plus 2GB 16GB dijual Rp 735.000, sementara harga Advan Nasa Pro 2GB 32GB dibanderol Rp 699.000.

Selain ponsel, Advan juga menjual produk gadget lain seperti tablet, router, smart watch, TWS, charger, kabel data, hingga laptop.

2. PT Evercoss Technology Indonesia (Evercross)

PT Evercoss Technology Indonesia juga berlokasi di Semarang, tepatnya di Kawasan Industri BSB A2, 3, Jatibarang, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pabrik ini memproduksi merek Evercross.

Saat ditelusuri, Evercross memang masih aktif di Instagram tapi tidak memiliki situs resmi. Mereka menjual smartphone secara online di beberapa e-commerce.

Adapun produk HP yang dijual yakni Evercoss S45B dengan harga Rp 439 ribu, Evercoss U6 seharga Rp 499 ribu, dan Evercoss S45 Rp 399 ribu. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #ganjar #benar #soal #pabrik #semarang #mereknya

KOMENTAR