Anies soal Pembangunan Investasi Industri Teknologi: Pairing, Datangkan Pakar
Capres nomor urut satu, Anies Baswedan memberikan pemaparan saat debat Capres-Cawapres kelima di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
20:32
4 Februari 2024

Anies soal Pembangunan Investasi Industri Teknologi: Pairing, Datangkan Pakar

Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menanggapi soal bagaimana kondisi investasi industri teknologi di Indonesia. Ia mengakui kalau kemajuan sistem telekomunikasi dan teknologi informasi di Indonesia berkembang cepat.

"Kita menyaksikan bahwa kemajuan sistem telekomunikasi dan teknologi informasi berkembang amat pesat, karena itu Indonesia tidak boleh ketinggalan," katanya dalam Debat Capres pada Minggu (4/2/2024).

Ia menyebut ada tiga gagasan untuk menanggapi itu apabila dirinya menjadi Presiden RI. Pertama adalah bersama-sama mendatangkan pakar untuk melakukan alih teknologi.

"Gan gagasan kita adalah satu, peningkatan kualitas manusia dan inovasi di sektor teknologi informasi dengan cara pairing, berpasangan mendatangkan pakar untuk bisa melakukan alih teknologi bersama-sama," ungkapnya.

Kedua, lanjut Anies, adalah memprioritaskan investasi yang masuk dalam bentuk investasi padat karya dengan dukungan perbaikan reformasi birokrasi. Ia juga menyinggung pemberantasan korupsi.

"Kedua, memperioritaskan investasi yang masuk dalam bentuk investasi padat karya yang didukung dengan perbaikan reformasi birokrasi, dan pemberantasan korupsi. Ini akan memberikan lowongan kerja untuk masyarakat lokal," lanjutnya.

Selanjutnya Anies menilai ada tiga aspek fundamental yaitu akses, kecepatan, keamanan. Poin keamanan ini adalah prioritas untuknya.

"Sehingga dengan cara seperti itu, ketika kita mengundang untuk melakukan investasi, kita akan bisa menyiapkan infrastrukturnya," bebernya.

Hal yang tidak kalah penting, kata Anies, adalah perlindungan atas hak intelektual di industri teknologi.

"Hal yang tidak kalah penting terkait pembangunan ini adalah perlindungan atas hak intelektual yang nanti akan terkait industri manufaktur yang terkait di sini," paparnya.

"Kami memandang investasi padat modal yang seperti ini, padat karya, akan memungkinkan Indonesia melompat lebih cepat," jelasnya.

Diketahui calon presiden (capres) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo kembali melaksanakan debat capres terakhir yang digelar malam ini, Minggu (4/1/2024) pukul 19.00 WIB. Ketiganya bakal membahas teknologi sebagai salah satu isu debat.

Adapun tema debat capres terakhir malam ini mencakup pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #anies #soal #pembangunan #investasi #industri #teknologi #pairing #datangkan #pakar

KOMENTAR