Samsung dan LG Bersaing Pamer Layar Transparan di CES 2024, Mana yang Lebih Canggih?
Ilustrasi: Layar transparan wireless pertama dari LG. (LG)
16:44
10 Januari 2024

Samsung dan LG Bersaing Pamer Layar Transparan di CES 2024, Mana yang Lebih Canggih?

- Persaingan di pasar smart TV semakin memanas. Seperti biasa, konsumen yang menjadi pemenang dalam kompetisi ini. Misalnya saat ini TV berukuran besar yang dulunya berharga mahal kini jauh lebih murah.

Itu sebabnya perusahaan lebih fokus pada teknologi dari pada sekadar ukuran. LG yang menyadari situasi ini bertekad untuk menang melawan rival terbesarnya, Samsung. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan baru-baru ini meluncurkan TV OLED transparan nirkabel pertama di dunia, yang diberi nama Signature OLED TV di CES 2024 yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS).

Kalau dulu persaingan di layar hanya berpusat pada jenis panel dan resolusi, pasar saat ini kini menawarkan inovasi seperti TV transparan. Sementara Xiaomi mengambil langkah awal di bidang ini dengan TV transparan Mi TV Lux, LG tampaknya telah memimpin perlombaan dengan TV OLED transparan pertama di dunia yang dipamerkan di CES 2024.

LG Signature OLED TV menonjol dengan panel OLED transparan pertama di dunia, menampilkan layar 77 inci dan kualitas gambar 4K yang mengesankan. Dirancang bagi mereka yang menghargai estetika, fungsi nirkabel model ini dan kotak Zero Connect membuat pengelolaan kabel menjadi mudah menggunakan prosesor AI Alpha 11 baru, yang menjanjikan peningkatan kualitas gambar sesuai klaim perusahaan.

Perlu dicatat bahwa LG saat ini memegang posisi kedua di pasar TV global dengan pangsa 12,2 persen, sementara Samsung memimpin dengan 33,3 %. Meskipun mengamankan posisi kedua adalah pencapaian yang “hebat”, raksasa teknologi Korea ini bertujuan untuk mempersempit kesenjangan dengan pesaing terbesarnya dan idealnya melampauinya.

Untuk itu, inovasi sangatlah penting. TV transparan mungkin dianggap sebagai produk konsumen mewah saat ini, namun berpotensi menjadi produk mainstream di masa depan.

Sementara di Samsung, layar transparan yang dikenalkan di CES 2024 adalah MICRO LED. Layar yang terlihat seperti sepotong kaca transparan ini memiliki chip MICRO LED yang sangat kecil dan proses manufaktur yang presisi sehingga tidak ada lagi garis-garis dan pembiasan cahaya. Hal ini memungkinkan MICRO LED yang transparan untuk menciptakan gambar yang jernih dan tidak terhalang apapun, untuk berbagai kasus penggunaan.

Dengan desain modular yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan bentuk, ukuran, dan rasio layar agar sesuai dengan ruang apa pun, MICRO LED adalah teknologi layar yang diklaim benar-benar inovatif.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #samsung #bersaing #pamer #layar #transparan #2024 #mana #yang #lebih #canggih

KOMENTAR