Smartfren for Business dan WIZ.AI Hadirkan Solusi Conversational AI Berbahasa Indonesia Buat UMKM
Ilustrasi Smartfren. (dok.Istimewa)
11:40
10 Oktober 2024

Smartfren for Business dan WIZ.AI Hadirkan Solusi Conversational AI Berbahasa Indonesia Buat UMKM

WIZ.AI dan Smartfren for Business mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam kerjasama pengembangan solusi kecerdasan buatan (AI) untuk pelanggan enterprise dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Solusi tersebut berupa conversational AI yang dapat memahami percakapan suara dan teks berbahasa Indonesia dan telah tersedia di Indonesia.

Tony Wijaya, CEO Smartfren for Business percaya bahwa teknologi dapat meningkatkan efisiensi operasional, hingga pengalaman positif para pelanggan.

"Kolaborasi Smartfren for Busines dan WIZ.AI memungkinkan solusi teknologi yang mengombinasikan internet berkualitas tinggi dengan kecerdasan buatan yang sanggup memahami bahasa Indonesia," katanya dalam keterangan resminya,Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: Vivo X200 Ungkap Kekuatan Dimensity 9400: GPU Lebih Cepat, AI Canggih, Gaming Makin Seru

Dia menambahkan, ini akan semakin mempermudah para pelanggan enterprise dan usaha lokal dalam mengakses solusi AIyang relevan dengan kebutuhan.

Sementara Clara Lim, Managing Director WIZ.AI menambahkan, kemitraan dengan Smartfren for Business mencerminkan potensi luar biasa dari kombinasi keahlian perusahaan untuk menciptakan solusi AI yang lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih efisien.

Smartfren for Business dan WIZ.AI menandatangani MoU solusi AI. [Smartfren]Smartfren for Business dan WIZ.AI menandatangani MoU solusi AI. [Smartfren]

Pengembangan solusi conversational AI ini akan fokus pada kebutuhan contact center, chatbot dan talkbot.

Minat terhadap skenario penggunaan AI tersebut terus tumbuh seiring dengan manfaat positifnya pada operasional perusahaan.

Salah satunya adalah kemampuan satu talkbot AI dalam menjawab beberapa panggilan masuk maupun panggilan keluar sekaligus.

Baca Juga: Studi: Pro dan Kontra Pemanfaatan AI dalam Iklan Politik

Kemampuan tersebut dapat memastikan seluruh panggilan masuk mendapatkan respon yang baik dengan jeda tunggu yang lebih singkat.

WIZ AI sendiri memiliki keunggulan dalam teknologi humanized voice. Teknologi yang berfungsi menghasilkan suara talkbot AI yang terdengar alami dan sulit dibedakan dengan suara manusia.

Keunggulan lainnya, solusi tersebut bersifat modular sehingga sangat fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bagi seperti fintech, perbankan, dan asuransi, atau UMKM lokal.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #smartfren #business #wizai #hadirkan #solusi #conversational #berbahasa #indonesia #buat #umkm

KOMENTAR