Prototipe Apple Macintosh 'Twiggy' Masuk Bursa Lelang, Harganya Selangit, Ditaksir Mencapai Rp 2 Miliar Lebih
Prototipe Apple Macintosh 'Twiggy'. (Bonhams)
11:12
10 Oktober 2024

Prototipe Apple Macintosh 'Twiggy' Masuk Bursa Lelang, Harganya Selangit, Ditaksir Mencapai Rp 2 Miliar Lebih

- Perkembangan Apple sampai saat ini memang dipenuhi jalan berliku dan cerita menarik di belakangnya. Tidak serta merta jadi perusahaan, atau bahkan raksasa di bidang teknologi, Apple tumbuh dengan perjalanan yang penuh drama.

Tak heran, bagi para Apple Fanboys, fans Apple, setiap perangkat besutan merek dengan logo buah apel tergigit ini dinilai punya cerita dari perjalanannya hingga kini. Hal tersebut membuat perangkat-perangkat tua Apple selalu dicari para kolektor dan terjual mahal di bursa lelang.

Paling baru, dilansir dari TheVerge, sebuah prototipe langka dari Apple Macintosh asli dengan julukan 'Twiggy', yang dilengkapi dengan disk drive berukuran 5,25 inci, bukan drive 3,5 inci yang akhirnya disertakan dalam komputer pribadi tersebut, akan dilelang lagi sebagai bagian dari koleksi Sejarah Sains dan Teknologi mendatang milik Bonhams.

Prototipe tersebut dijuluki Twiggy Macintosh karena memiliki floppy disk drive dua sisi berukuran 5,25 inci yang sama yang awalnya dibuat untuk Apple Lisa, yang diberi nama kode Twiggy selama pengembangannya.

Drive tersebut terkenal tidak dapat diandalkan, dan karena Macintosh tidak dilengkapi penyimpanan internal, disk drive yang dapat diandalkan pengguna merupakan komponen penting.

Apple akhirnya memilih untuk menggunakan desain disk drive 3,5 inci baru dari Sony, dan Steve Jobs, perintis Apple, dilaporkan memerintahkan semua prototipe Macintosh Twiggy untuk dihancurkan.

Tetapi tidak semuanya dihancurkan, ada beberapa yang disimpan sampai saat ini malah jadi bagian dari sejarah Apple yang menarik. Harganya gila, nggak masuk akal untuk sebuah rongsokan atau limbah elektronik.

Twiggy Macintosh yang satu ini awalnya dibuat oleh pengembang pengolah kata MacWrite dan merupakan salah satu dari dua prototipe yang berhasil diperbaiki agar berfungsi pada tahun 2014.

Hanya ada kurang dari lima unit yang diketahui keberadaannya, tetapi yang membuat prototipe ini sangat layak dikoleksi adalah karena prototipe ini memiliki nomor model #M0001 di bagian bawahnya, menjadikannya salah satu yang paling awal.

Prototipe ini sebelumnya terjual di lelang melalui Bonhams pada tahun 2019 seharga USD 150.075 atau berkisar Rp 2,3 miliaran, memecahkan rekor untuk komputer Macintosh. Bonhams memperkirakan bahwa #M0001 Twiggy Macintosh dapat terjual dengan harga antara USD 80.000 sampai USD 120.000 (berkisar Rp 1,2 miliaran - Rp 1,8 miliaran) atau bahkan mungkin lebih, kali ini.

Lot lainnya yang tersedia melalui lelang Sejarah Sains dan Teknologi Bonhams, yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 23 Oktober, meliputi spesimen jamur penisilin asli dalam medali yang ditulisi oleh Alexander Fleming dan perangkat Kotak Biru dari tahun 1972, berdasarkan desain oleh Steve Wozniak, yang dapat digunakan untuk meretas sistem telepon.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #prototipe #apple #macintosh #twiggy #masuk #bursa #lelang #harganya #selangit #ditaksir #mencapai #miliar #lebih

KOMENTAR