BYD Apresiasi Pernyataan Luhut tentang Riset LFP, Terbuka untuk Lakukan Riset Bersama Indonesia
Luther T. Panjaitan, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia (RianAlfianto/JawaPos.com)
21:56
31 Januari 2024

BYD Apresiasi Pernyataan Luhut tentang Riset LFP, Terbuka untuk Lakukan Riset Bersama Indonesia

 

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menlo Maeves) Luhut Binsar Pandjaitan mengeluarkan pernyataan bahwa Indonesia sedang mengembangkan baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dari bahan baku lithium ferro-phospate (LFP).

Statement tersebut dirilis Luhut melalui akun media sosialnya. "Nah kita bersyukur LFP juga kita [Indonesia] kembangkan dengan Tiongkok, tadi lithium baterai juga kita kembangkan dengan Tiongkok maupun dengan lain-lain," kata dia di akun Instagram miliknya, dikutip Senin (29/1).

Menanggapi pernyataan tersebut, Build Your Dreams (BYD), perusahaan mobil listrik asal Tiongkok pun menyambut gembira.
Menurut Luther T Panjaitan, Head of Marketing Communications PT BYD Motor Indonesia, pernyataan Luhut tersebut adalah sinyal bahwa Indonesia semakin terbuka dengan kemajuan teknologi di bidang EV.

Seperti diketahui, BYD merupakan perusahaan mobil listrik yang menggunakan LFP untuk produk-produknya. Seperti Ketiga produk mereka yang diluncurkan di Indonesia, Dolphin, ATTO 3, dan Seal, semuanya ditenagain oleh baterai LFP.

Dia juga mengatakan bahwa BYD menyambut dengan tangan terbuka apabila pemerintah Indonesia berniat untuk menggandeng mereka dalam pengembangan baterai mobil listrik LFP. "Kami terbuka untuk melakukan riset bersama dan transfer pengetahuan. Kami menanggapi itu sebagai sumbangsih untuk kemajuan dunia. Terutama untuk Indonesia," terangnya.

Luther menyatakan, market size kendaraan listrik di Indonesia sangat terbuka lebar. Bahkan dia menyebut adalah yang terbesar di Asia-Pasifik. Karena itulah, langkah-langkah pemerintah untuk mengembangkan ekosistem EV di Indonesia perlu diapresiasi. "Ini menunjukkan bahwa ada itikad baik dari pemerintah untuk mempercepat transformasi energi," ucap Luther. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #apresiasi #pernyataan #luhut #tentang #riset #terbuka #untuk #lakukan #riset #bersama #indonesia

KOMENTAR