Fitur Baru Google Lens, Bisa Lakukan Penelusuran dengan Video dan Suara
Ilustrasi: Menggunakan Google Lens. (Digital Trends).
14:00
9 Oktober 2024

Fitur Baru Google Lens, Bisa Lakukan Penelusuran dengan Video dan Suara

- Google baru-baru ini mengumumkan kemampuan pencarian suara dan video untuk Google Lens pada bulan Mei tahun ini di I/O 2024. Kini perusahaan tersebut menerapkan fitur-fitur di Google Lens, di mana Anda dapat menekan lama dan bertanya langsung dengan suara Anda.    Fitur ini membuat pencarian menjadi jauh lebih mudah dan berkelanjutan. Dilansir via TheVerge, Google saat ini tengah meluncurkan fitur ini di Search Labs di Android dan iOS. Akan tetapi, untuk saat ini, fitur pencarian suara di Lens hanya tersedia untuk kueri dalam bahasa Inggris.   Yang menarik lainnya dari fitur baru ini adalah menampilkan Ringkasan AI dan hasil pencarian berdasarkan konten video dan pertanyaan Anda. Dalam video pratinjau yang dirilis di acara I/O, Google menunjukkan seseorang yang penasaran dengan ikan yang dilihatnya di akuarium dapat mendekatkan ponselnya ke pameran, membuka aplikasi Google Lens, lalu menekan lama tombol rana.  

  Saat Lens mulai merekam, pengguna dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan apa yang mereka lihat. Sebagai tanggapan atas pertanyaan "Mengapa mereka berenang bersama?" Lens menjawab menggunakan Google Gemini.   Kemampuan untuk mencari dengan video memungkinkan Anda menunjukkan gerakan objek di ponsel dan mengajukan pertanyaan tentangnya, membuat Google Lens jauh lebih berguna untuk skenario tertentu. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengikuti eksperimen “Ikhtisar AI dan lainnya” di Search Labs.   Bagi mereka yang penasaran tentang cara kerja fitur tersebut, Rajan Patel, wakil presiden bidang teknik di Google, mengungkapkan bahwa Google merekam video "sebagai serangkaian bingkai gambar dan kemudian menerapkan teknik visi komputer yang sama" yang sudah digunakan Lens.   

  Namun, Google juga mengungkapkan bahwa respons tersebut berasal dari model Gemini khusus yang dirancang perusahaan untuk memahami beberapa bingkai secara berurutan. Setelah memproses bingkai tersebut, model tersebut menggunakan informasi dari web yang terkait dengan topik tersebut untuk menghasilkan respons.   Penambahan fitur baru ini merupakan kabar baik bagi para pengguna Google dan tentunya perangkat Android. Fitur tersebut menambahkan teknologi yang sudah ada dan menghasilkan fungsi lebih bagi Google Lens.      

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #fitur #baru #google #lens #bisa #lakukan #penelusuran #dengan #video #suara

KOMENTAR