Oppo Find X8 dan Vivo X200 Akan Gunakan Komunikasi Off-Network, Apa Itu?
Vivo X100, pendahulu Vivo X200 [Vivo Indonesia]
12:56
8 Oktober 2024

Oppo Find X8 dan Vivo X200 Akan Gunakan Komunikasi Off-Network, Apa Itu?

Ponsel unggulan seri Oppo Find X8 dan seri Vivo X200 yang dijadwalkan rilis pada akhir bulan ini akan hadir dengan banyak fitur menarik. Di antaranya adalah dukungan komunikasi off-network yang unik.

Dilansir dari Gizmochina pada Selasa (8/10/2024), fitur komunikasi off-network Oppo dijuluki BeaconLink secara global dan ini pertama kali diperkenalkan dengan seri Oppo Reno 12.

Fitur ini dibangun di atas teknologi Bluetooth 5.4, yang mencakup karakteristik baru seperti komunikasi dua arah tanpa koneksi langsung, yang memungkinkan perangkat berkomunikasi dalam jangkauan tertentu tanpa memerlukan koneksi internet.

Fitur ini dirancang untuk komunikasi jarak pendek, dengan jangkauan efektif beberapa ratus meter. Hal ini membuatnya cocok untuk skenario di mana pengguna perlu tetap terhubung tanpa bergantung pada infrastruktur jaringan tradisional.

Baca Juga: Dimensity 9400 Pertama di Dunia? Ini Spesifikasi dan Harga Vivo X200 Series!

Di sisi lain, seri Vivo X200 dikonfirmasi akan dilengkapi dengan fitur komunikasi di luar jaringan yang memanfaatkan teknologi LoRa, berbeda dari WiFi dan Bluetooth. LoRa beroperasi mirip dengan walkie-talkie, menggunakan pita frekuensi tertentu yang memungkinkan jangkauan komunikasi lebih jauh dan mencakup beberapa kilometer.

Ilustrasi HP Oppo. [Unsplash/Anh Nhat]Ilustrasi HP Oppo. [Unsplash/Anh Nhat]

Hal ini membuatnya sangat berguna di lingkungan dengan konektivitas jaringan tradisional tidak tersedia atau tidak dapat diandalkan.

Jangkauan LoRa yang lebih luas menawarkan keuntungan signifikan bagi pengguna yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang kuat dalam jarak yang lebih jauh.

Oppo Find X8 dan Find X8 Pro dijadwalkan akan dirilis pada 21 Oktober 2024 di China. Perangkat ini telah menerima beberapa sertifikasi secara global, yang menunjukkan bahwa ponsel tersebut juga akan tersedia di berbagai pasar di luar China pada akhir tahun.

Sementara itu, Vivo X200, X200 Pro, dan X200 Pro Mini diperkirakan akan memulai debutnya pada 14 Oktober di China. Seri X200 kemungkinan akan dirilis secara global pada kuartal pertama tahun 2025.

Baca Juga: Vivo X200 Gunakan Baterai Jumbo, Lebih Besar dari Oppo Find X8 dan Xiaomi 15

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #oppo #find #vivo #x200 #akan #gunakan #komunikasi #network

KOMENTAR