AI dan Teknologi Inovatif Jadi Fokus Utama di IndonesiaNEXT Summit 2024
Suasana IndonesiaNEXT Summit 2024. [Istimewa]
11:40
8 Oktober 2024

AI dan Teknologi Inovatif Jadi Fokus Utama di IndonesiaNEXT Summit 2024

IndonesiaNEXT Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Telkomsel berfokus pada pengembangan talenta digital dengan penekanan khusus pada kecerdasan buatan (AI) dan teknologi inovatif.

Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel, IndonesiaNEXT Season 8 bertujuan mencetak technopreneur yang siap mengakselerasi transformasi digital Indonesia.

Dengan tema “Upskill to Innovate,” IndonesiaNEXT Summit memperkenalkan sesi-sesi inspiratif yang membahas bagaimana AI dan teknologi mutakhir lainnya dapat menciptakan solusi berkelanjutan di berbagai sektor industri.

Salah satu sesi yang menjadi sorotan adalah DigiTalks, yang menampilkan para pakar teknologi dari berbagai bidang, membahas dampak transformatif AI dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.

Baca Juga: IndonesiaNEXT Season 8 Usai, RIbuan Talenta Siap Perkuat Ekonomi Nasional

Menurut VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, IndonesiaNEXT tak hanya memberikan keterampilan teknis digital, tetapi juga memotivasi peserta untuk menciptakan inovasi berbasis AI yang memiliki dampak sosial luas.

"Kami ingin memastikan talenta muda Indonesia tidak hanya menguasai teknologi, tetapi juga menggunakan AI untuk menjawab tantangan masa depan dan memperkuat ekosistem digital yang inklusif," jelas Saki dikutip dari keterangan tertulis pada Selasa (8/10/2024).

Selain pembekalan keterampilan AI, IndonesiaNEXT Summit 2024 juga menonjolkan NEXT Final Pitching, di mana para peserta terbaik mempresentasikan inovasi digital berbasis AI yang dirancang untuk memberikan dampak signifikan dalam sektor-sektor seperti kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Dalam sesi ini, talenta terbaik, seperti Taufiq Ashari Ramadhan (Telkom University) dan Andika Dwi Setya Nugraha (Universitas Brawijaya), menunjukkan bagaimana AI dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan menciptakan solusi baru bagi masyarakat.

Sebagai platform pengembangan talenta digital, IndonesiaNEXT juga memastikan keterwakilan perempuan dalam setiap tim, sejalan dengan komitmen Telkomsel terhadap inklusivitas dan keberlanjutan melalui penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Baca Juga: Adu Gaya Kampanye: Ridwan Kamil-Suswono Gunakan AI, Pramono-Rano Pilih Animator, Mana Lebih Memikat?

Secara keseluruhan, ekosistem inovasi digital ini mendukung Indonesia untuk bersaing di era global dan mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui penguatan talenta AI di kalangan generasi muda.

Inisiatif ini tidak hanya mempersiapkan talenta untuk industri masa depan, tetapi juga menempatkan AI sebagai pilar utama dalam upaya mempercepat transformasi digital Indonesia di berbagai sektor.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #teknologi #inovatif #jadi #fokus #utama #indonesianext #summit #2024

KOMENTAR