Diklaim Pertama di Indonesia, Mesin Ini Bikin Cek Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah
Mesin ini memudahkan bengkel untuk menentukan diagnosa dari sumber bunyi tersebut menjadi lebih akurat. [Foto: Agfi]
22:12
27 Januari 2024

Diklaim Pertama di Indonesia, Mesin Ini Bikin Cek Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

- Mendiagnosa kondisi kaki-kaki mobil kerap kali bukan jadi persoalan mudah. Butuh keahlian untuk bisa tepat mengetahui permasalahannya.

Biasanya, sumber masalah utamanya jarang langsung diketahui tanpa harus melakukan pembongkaran atau minimal pengecekan oleh teknisi dengan tes jalan (test drive), khususnya jika problemnya adalah bunyi pada kaki-kaki.

Namun, pemilik usaha bengkel berupaya menghadirkan inovasi agar masalah seperti di atas bisa diatasi dengan lebih efisien.

Seperti misalnya mesin baru yang dikenalkan oleh Rotary Auto. Mesin bernama Kyoto Shaking Machine itu diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, mesin menjanjikan mampu pengecekan kaki-kaki mobil secara tepat, cepat, akurat dan efisien.

Founder Rotary Auto Ferry Jensen menjelaskan, shaking machine tersebut dilengkapi dengan sistem tenaga hidrolik yang bekerja untuk mengguncangkan keempat titik kaki-kaki mobil.

Pada proses guncangan ini, dapat mendeteksi bunyi malfungsi atau bunyi tidak normal, yang biasanya timbul dari kaki-kaki mobil.

”Mesin ini memudahkan bengkel untuk menentukan diagnosa dari sumber bunyi tersebut menjadi lebih akurat, tanpa harus melakukan test drive atau tes jalan. Sehingga pemeriksaan menjadi lebih cepat dan efisien, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit saja,” ujar Ferry.

Cara kerja mesin tersebut sangat sederhana. Tahap pertama yaitu posisi mobil diangkat menggunakan car-lift atau hidrolik, kemudian teknisi akan memasangkan perangkat shaking machine pada keempat ban mobil menggunakan dudukan khusus sebagai alas ban.

Setelah itu, keempat titik kaki-kaki mobil akan diguncangkan menggunakan yang terpasang pada perangkat Shaking Machine secara , untuk menentukan dimana titik permasalahan pada kaki-kaki mobil tersebut.

Jika ada komponen yang bermasalah, akan terlihat dan terdengar secara langsung ketika kaki-kaki mobil diguncangkan dengan mesin.

Kyoto Shaking Machine mampu mendeteksi permasalahan kaki-kaki mobil misalnya, setir mobil bergetar, bunyi di bagian roda, limbung di kecepatan tinggi, suara dengung, kondisi keseimbangan ban, hingga masalah pada per mobil.

Menurut Ferry, dengan mesin tersebut pengguna mobil akan diuntungkan. Sebab, melakukan perawatan rutin untuk menghindari kerusakan serius pada kaki-kaki mobil dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #diklaim #pertama #indonesia #mesin #bikin #kaki #kaki #mobil #jadi #lebih #mudah

KOMENTAR