Saingi Samsung, Apple Garap Teknologi AI untuk iPhone
Logo Apple. [Dok.Antara]
14:56
26 Januari 2024

Saingi Samsung, Apple Garap Teknologi AI untuk iPhone

Samsung membekali perangkat barunya yaitu Samsung Galaxy S24 Series dengan sejumlah kecanggihan AI. Tidak mau kalah, Apple kini dilaporkan tengah menggarap teknologi AI untuk iPhone yang akan dirilis nanti.

Sebelumnya, Apple dilaporkan menyiapkan teknologi AI dari keluarganya yang diberi nama GenAI. Meski sudah sejak lama dibicarakan, perusahaan teknologi tersebut justru belum juga memperkenalkannya.

Beberapa rumor menyebut jika alasan Apple belum memperkenalkan teknologi AI ini adalah karena masih memperbaiki sejumlah masalah yang ada.

GenAI yang digarap oleh Apple ini hadir dengan melalui proses neural engine. Teknologi ini kembali difokuskan oleh Apple sejak Januari 2024 ini.

Kini Apple sedang mengajukan penggunaan flash memory yang diproses melalui LLM. Metode ini bergantung pada dua chipset bentukan Apple yaitu M3 dan A17 Pro.

Demi mengembangkan teknologi AI garapannya ini, Apple melakukan investasi besar-besaran. Tidak heran jika teknologi ini membawa sejumlah keunggulan yang berbeda dari sistem AI lainnya.

Apple dipercaya tidak main-main menggarap teknologi AI untuk iPhone ini. Perusahaan tersebut tidak akan menggunakan chatbot atau image generator yang sudah ada.

Untuk menggarap teknologi AI untuk iPhone ini, Apple menghabiskan biaya mencapai jutaan dolar setiap harinya untuk proyek besar tersebut.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #saingi #samsung #apple #garap #teknologi #untuk #iphone

KOMENTAR