Gempa Flores 5,6 Tak Berpotensi Tsunami, Dipicu Sesar Naik Flores
Titik pusat gempa Flores berkekuatan 5,6 pada Rabu malam (25/1/2024). Dipicu oleh Sesar Naik Flores. [BMKG]
07:16
26 Januari 2024

Gempa Flores 5,6 Tak Berpotensi Tsunami, Dipicu Sesar Naik Flores

Gempa berkekuatan 5,6 mengguncang Flores, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (25/1/2024). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengatakan gempa yang berpusat di Laut Flores itu tak berpotensi tsunami.

Daryono menjelaskan gempa Flores yang terjadi pada pukul 19.24 WIB itu berlokasi di laut, sekitar 48 km arah barat laut Mbay, Kabupaten Nagekeo. Gempa berpusat di kedalaman 10 km.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tegas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Lebih lanjut Daryono menjelaskan bahwa lindu yang terjadi tergolong gempa dangkal. Pemicunya adalah Sesar Naik Flores atau Flores Back Arc Thrust.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," terang dia.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di hampur sepanjang Flores, Kupang di Pulau Timor dan Waingapu di Pulau Sumba. Gempa dengan kekuatan lebih besar terasa di Flores, mulai dari Labuan Bajo, Ruteng, Bajawa, Mbay, Ende, Maumere dan Larantuka. Sementara getaran lebih kecil terasa di Kupang.

Hingga pukul 19.46 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo terbesar M3,9.

Belum diketahui adanya kerusakan atau korban luka serta jiwa akibat gempa Flores berkekuatan 5,6 ini.

Editor: Liberty Jemadu

Tag:  #gempa #flores #berpotensi #tsunami #dipicu #sesar #naik #flores

KOMENTAR