Tesla Pakai Baterai LFP? Cek Fakta Terbaru Baterai Mobil Tesla Disini
Fakta Baterai Mobil Tesla. / Sumber : Pexels (Allie Feeley)
14:56
24 Januari 2024

Tesla Pakai Baterai LFP? Cek Fakta Terbaru Baterai Mobil Tesla Disini

- Baterai Mobil Tesla sempat disinggung saat debat pilpres 2024 kemarin. Lantaran disebut sudah memakai Baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) dan tidak memakai Baterai Nikel (24/1).   Faktanya, hingga saat ini Mobil Tesla masih menggunakan baterai Nikel.   Hal ini diungkapkan langsung oleh Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden nomor urut 2, saat debat pilpres 2024 keempat kemarin. Gibran menyebut bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan nikel terbesar di Dunia.  

  Hal ini juga dijelaskan oleh Muhammad Lutfi, melalui akun Tiktoknya, bahwa baterai Nikel masih menjadi baterai pilihan produsen mobil listrik.   "Karena nikel itu lebih Energy Dense, bisa muat lebih banyak energi, lebih kecil, dan lebih ringan juga," jelas Lutfi.   "Jadi mobil Teslanya bisa pergi lebih jauh sekali cas, juga kinerja baterai LFP bisa menurun hingga 60 persen di cuaca dingin," sambungnya.  

  Lutfi juga menjelaskan bahwa baterai LFP bisa mati jika berada di bawah suhu -10 derajat. Namun, ia juga menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang tidak memiliki musim dingin.   Ia juga memaparkan bahwa ada satu faktor dari baterai LFP.   "95 persen LFP ini sudah didominasi oleh Cina yang sudah handal dalam pasar tersebut, sedangkan Indonesia itu adalah negara dengan cadangan Nikel terbesar di dunia," kata Lutfi.  

  Namun, Ia mengatakan bahwa ada yang menuturkan bahwa pendapatan dari penjualan Nikel terbilang rendah di Indonesia.   "Siapa bilang? cek dulu data dan faktanya. Sejak 2015 aja peningkatan ekspor nikel Indonesia sudah melesat 5 kali lipat dengan angka lebih dari 500 triliun, dan kalau kit nggak berhenti hilirisasi peningkatannya bakal bertambah terus menerus," ujar Lutfi.   Lutfi juga menjelaskan tentang hal yang sudah dikatakan oleh Gibran yang memaparkan tentang pentingnya pemanfaatan sumber daya nikel ini lewat debat pilpres kemarin.   

  "Pentingnya pemanfaatan sumber daya nikel ini dengan pemanfaatan hilirisasi nikel, tidak hanya memperkuat ekonomi kita tetapi juga membuka Jalan bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin d industri energi bersih," jelas Lutfi.  

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tesla #pakai #baterai #fakta #terbaru #baterai #mobil #tesla #disini

KOMENTAR