Fitur Terbaru Gmail Berbasis AI 'Help Me Write' untuk Membantu Mempermudah Menulis Email Dikabarkan Segera Rilis
Pengumuman fitur AI Gmail “Help Me Write”. (Mashable)
18:40
23 Januari 2024

Fitur Terbaru Gmail Berbasis AI 'Help Me Write' untuk Membantu Mempermudah Menulis Email Dikabarkan Segera Rilis

Google tidak berhenti memaksimalkan potensi AI untuk fitur-fitur baru dalam layanan yang mereka miliki.

Fitur bantuan penulisan email berbasis AI dari Google dikabarkan akan segera rilis setelah diumumkan pada Mei 2023 lalu.

“Help Me Write” merupakan fitur Gmail terbaru yang menggunakan AI generatif untuk membantu pengguna membuat draft email.

Namun, dilansir dari Mashable, saat ini fitur Help Me Write baru tersedia melalui akses ke Labs, yaitu tempat pengujian Google untuk fitur AI baru.

Saat ini, fitur Help Me Write untuk akses Labs dapat dilakukan dengan menulis perintah, misalnya “Bantu saya menulis perkenalan dengan seseorang yang saya temui di seminar.”

Selanjutnya, Google menargetkan Help Me Write akan dapat dioperasikan menggunakan suara pengguna.

Fitur Help Me Write ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari Smart Reply dan Smart Compose yang sudah diterapkan oleh Google pada Gmail.

CEO Google, Sundar Pichai, mencontohkan dengan meminta pengembalian dana tiket pada maskapai penerbangan saat mengumumkan fitur Help Me Write.

Fitur AI tersebut akan mengambil informasi dari email dengan maskapai yang sebelumnya dilakukan pengguna dan membuat pesan lengkap untuk meminta pengembalian dana. 

Pengguna kemudian hanya perlu mengedit pesan tersebut sesuai keinginan dan mengirimkannya.

Alasan dikembangkannya fitur ini, ujar Sundar Pichai, adalah untuk menghemat waktu orang-orang dalam mengirim email.

Google terus mengumumkan fitur terkait AI untuk alat dan layanannya, antara lain Duet AI, asisten AI untuk menulis di Google Dokumen dan Spreadsheet, dan eksperimen penelusuran yang didukung AI, serta yang lainnya.

Pekan lalu, Google mengumumkan Circle to Search di perangkat Samsung Galaxy S24 Series yang memungkinkan pengguna mencari informasi sesuatu dengan melingkari gambar.

Meskipun Google meluncurkan Help Me Write untuk Gmail pada tahun 2023 lalu, tapi belum ada kabar lanjutan atau pernyataan resmi terkait fitur-fitur pengembangannya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #fitur #terbaru #gmail #berbasis #help #write #untuk #membantu #mempermudah #menulis #email #dikabarkan #segera #rilis

KOMENTAR