WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Aktivitas Notifikasi di Grup Chat
Ilustrasi WhatsApp. (Shutterstock)
16:08
4 Oktober 2024

WhatsApp Kembangkan Fitur Baru Aktivitas Notifikasi di Grup Chat

WhatsApp terus menyempurnakan sistem notifikasinya untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Dalam pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.24.21.22, aplikasi perpesanan instan tersebut kini sedang mengembangkan fitur aktivitas notifikasi yang lebih jelas untuk obrolan grup.

Dilansir dari WABetaInfo pada Jumat (4/10/2024), WhatsApp sedang menjajaki opsi baru untuk mengelola aktivitas notifikasi grup chat. Fitur ini dijadwalkan untuk dirilis dalam pembaruan mendatang.

Menurut laporan, fitur tersebut akan memungkinkan pengguna untuk memilih antara menerima notifikasi untuk semua pesan grup atau hanya yang relevan secara langsung bagi pengguna, seperti sebutan, balasan, dan interaksi penting lainnya.

Selain itu, WhatsApp berencana untuk mengklarifikasi bagaimana menonaktifkan obrolan grup memengaruhi pengaturan notifikasi melalui layar aktivitas notifikasi baru ini di masa mendatang.

Baca Juga: Aplikasi GoPay Hadirkan Fitur Baru Split Bill Berbasis AI, Pantungan Makin Gampang

Nantinya, pengguna akan dapat menyesuaikan pengaturan ini berdasarkan preferensi dalam layar aktivitas notifikasi baru untuk obrolan grup tertentu. Dalam gambar tangkapan layar yang beredar juga menunjukkan bahwa pengaturan default antara kedua opsi ini ditentukan oleh ukuran grup.

Artinya, ketika notifikasi dinonaktifkan secara otomatis untuk membantu pengguna mengurangi peringatan dari obrolan grup besar, pilihan default akan memprioritaskan interaksi yang relevan.

Fitur baru WhatsApp. [WABetaInfo]Fitur baru WhatsApp. [WABetaInfo]

Namun ketika notifikasi untuk obrolan grup dinonaktifkan, WhatsApp saat ini mengirimkan peringatan untuk interaksi tertentu, seperti balasan pesan dan sebutan. Tetapi banyak pengguna mungkin tidak mengerti mengapa pengguna terus menerima notifikasi untuk pesan tertentu, bahkan setelah menonaktifkan grup. Akibatnya, beberapa pengguna mungkin bingung ketika menerima peringatan tertentu dari grup yang dinonaktifkan.

Fitur baru ini akan memperjelas dan lebih intuitif cara kerja menonaktifkan grup dengan menyorot opsi untuk menerima notifikasi hanya untuk interaksi yang relevan. Ini akan memberikan transparansi dan kontrol, membantu pengguna lebih memahami cara kerja notifikasi grup bahkan saat obrolan grup dinonaktifkan.

Fitur aktivitas notifikasi yang lebih jelas untuk obrolan grup WhatsApp sedang dalam pengembangan dan akan tersedia dalam pembaruan mendatang.

Baca Juga: Cara Sadap WhatsApp, Aman Tanpa Perlu Download Aplikasi Tambahan!

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #whatsapp #kembangkan #fitur #baru #aktivitas #notifikasi #grup #chat

KOMENTAR