Peluang Penggunaan AI di Perusahaan Media
Ilustrasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. (Pixabay/DeltaWorks)
19:40
3 Oktober 2024

Peluang Penggunaan AI di Perusahaan Media

Kehadiran AI atau kecerdasan buatan memudahkan segala aspek kehidupan, mulai dari pembuatan konten hingga mendapatkan jawaban dari pertanyaan apa pun.

Pengunaan AI juga bisa diterapkan dalam perusahaan media. Meskipun alat ini dinilai mengancam sejumlah pekerjaan di masa depan, namun ada banyak peluang penggunaan AI di industri media.

Ada banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh pekerja di industri media, mulai dari perencanaan yang mencakup perencanaan liputan yang dapat disarankan oleh AI.

Peluang lainnya meliputi pengumpulan informasi mentah seperti mengorek dan mengatur data hingga menyalin rekaman audio dan video. Pengguna juga dapat melakukan analisis informasi mentah menggunakan AI. Peluang-peluang tersebut disampaikan oleh Arkka Dhiratara, CEO Hukum Online, yang telah menerapkan penggunaan AI dalam situs Hukum Online.

Baca Juga: Rahasia Membuat Konten Media Sosial yang Disukai Banyak Orang

"Dalam penerapan AI, kita dapat menganalisis informasi yang ada, seperti meringkas transkrip, mengekstrak kutipan, hingga mengenali gambar," papar Arkka saat menjadi narasumber di acara Local Media Summit 2024, Jakarta, pada Kamis (3/10/2024).

Esther Irawati Setiawan dan Arkka Dhiratara di Local Media Summit 2024, Kamis (3/10/2024). [Suara/Lintang Siltya Utami]Esther Irawati Setiawan dan Arkka Dhiratara di Local Media Summit 2024, Kamis (3/10/2024). [Suara/Lintang Siltya Utami]

Arkka menambahkan bahwa perusahaan media memiliki peluang lainnya dalam memanfaatkan AI, seperti melakukan verifikasi untuk menganalisis teks guna menemukan kesalahan faktual.

Para jurnalis juga bisa menyusun teks, menyertakan berdasarkan transkrip, penyuntingan naskah, hingga memberikan umpan balik kepada wartawan.

Dalam cakupan yang lebih umum, AI juga kerap digunakan untuk menerjemahkan, menambahkan tajuk utama, dan memberi tag dalam pembuatan konten yang disajikan di media. Sejumlah artikel pun saat ini telah menggunakan ilustrasi dari hasil AI untuk menunjang sebuah tulisan.

Baca Juga: Tertekan? BamBam GOT7 Tuai Khawatir Penggemar usai Unggah Curhatan di Media Sosial

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #peluang #penggunaan #perusahaan #media

KOMENTAR