Laptop GeForce RTX 40 Series: Solusi Lengkap untuk Mahasiswa dan Kreatif
Logo NVIDIA. (NVIDIA)
14:40
2 Oktober 2024

Laptop GeForce RTX 40 Series: Solusi Lengkap untuk Mahasiswa dan Kreatif

NVIDIA baru saja menggelar workshop bertema Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan bagi mahasiswa Yogyakarta pada awal Oktober 2024. Selain workshop, NVIDIA turut mengungkap beragam fitur yang tersemat pada laptop GeForce RTX 40 Series.

Menurut Adrian Lesmono selaku Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA, laptop GeForce RTX 40 Series terdiri dari beberapa kelas. Tingkat pertama dalam kategori Good (AI TOPS hingga 194) mencakup RTX 4050.

Kelas kedua yaitu Better dengan AI TOPS hingga 321. Segmen menengah ini mempunyai sejumlah produk GeForce RTX yaitu RTX 4060 dan RTX 4070.

Segmen tertinggi yaitu 'Best' dengan RTX 4080 serta RTX 4090 (AI TOPS hingga 686). NVIDIA sejauh ini telah menggelar lokakarya di Kampus Universitas Atmajaya Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta bertema "NVIDIA Powers the World’s AI. And Yours".

Baca Juga: Apakah Teknologi AI Bisa Mengganti Pekerja Media? Begini Jawaban Petinggi NVIDIA

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan talenta digital. Mereka menjelaskan terkait AI serta penggunaan tools dari NVIDIA untuk industri kerja.

Adrian Lesmono selaku Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA. (ist)Adrian Lesmono selaku Country Consumer Business Lead Indonesia, NVIDIA. (ist)

Laptop dengan GeForce RTX 40 Series sendiri menyasar segmen pelajar/mahasiswa, konten kreator, gamer, hingga pekerja media. Berikut terdapat beberapa fitur NVIDIA GeForce RTX 40 Series untuk pelajar/mahasiswa:

  • DLSS 3: Terobosan dalam grafis berbasis AI yang diklaim mampu meningkatkan performa secara drastis. DLSS 3 menggunakan AI untuk menciptakan frame berkualitas tinggi dan meningkatkan kualitas gambar.
  • ChatRTX: Pelajar/mahasiswa dapat melakukan pencarian catatan perkuliahan, mengatur jadwal, dan menemukan gambar dengan mudah dengan menggunakan perintah teks atau suara. Semuanya dilakukan secara lokal di PC yang didukung GPU RTX 4060 atau yang lebih tinggi.
  • NVIDIA Broadcast: Berfungsi untuk meningkatkan kualitas siaran langsung, obrolan suara, dan panggilan video dengan efek audio dan video seperti penghapusan kebisingan, latar belakang virtual, dan lainnya.
  • NVIDIA Studio: Platform yang memanfaatkan kekuatan AI untuk mengoptimalkan dan mempercepat perangkat lunak dan perangkat keras kreatif untuk alur kerja yang diklaim lebih cepat dan lebih mulus.
  • RTX Video: Fitur ini secara otomatis meningkatkan video yang diputar di browser Chrome atau Edge menggunakan algoritma AI untuk memperjelas gambar dan menghilangkan artefak kompresi yang mengganggu. Nikmati video yang jernih dengan HDR hingga resolusi 4K.
  • NVIDIA Reflex: Teknologi yang mengurangi latensi sistem dan meningkatkan responsivitas dalam game kompetitif.
  • NVIDIA Battery Boost: Fitur yang memperpanjang masa pakai baterai hingga 2x saat bermain game atau bekerja.

Laptop GeForce RTX 40 Series mendukung teknologi Max-Q yang memungkinkan perangkat menjadi tipis, ringan, dan portabel. Kombinasi fitur AI dan hardware-nya diklaim mampu mempercepat aplikasi-aplikasi unggulan yang digunakan dalam perkuliahan jurusan teknik, arsitektur, ilmu komputer, data science, ekonomi, dan lainnya.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #laptop #geforce #series #solusi #lengkap #untuk #mahasiswa #kreatif

KOMENTAR