Mengenal Temu: Aplikasi Belanja Langsung dari Pabrik yang Ancam UMKM Indonesia
Aplikasi Temu. (Google Play Store)
14:00
2 Oktober 2024

Mengenal Temu: Aplikasi Belanja Langsung dari Pabrik yang Ancam UMKM Indonesia

Publik dibuat geger dengan kemunculan aplikasi Temu dalam gelaran E-commerce Expo 2024. Disebut-sebut sebagai penyebab kiamat untuk UMKM, apa itu aplikasi Temu?

Kabar mengenai aplikasi Temu ini diunggah oleh akun @halofadel dan menjadi viral di X. Dalam unggahan tersebut, netizen ini sedang berada dalam gelaran E-commerce Expo 2024. Dirinya pun meminta agar netizen mencari tahu mengenai apa itu Temu.

"Udah siap revolusi industri selanjutnya? Cari tahu logo ini, cari tahu mereka ngapain. Kabar di expo sirclo minggu lalu masih lobi-lobi, kalau jadi masuk bakal lebih heboh dari kasus TikTok Shop awal-awal" tulis akun tersebut.

Apa itu aplikasi Temu?

Baca Juga: BRI Beri Solusi Jitu UMKM Menang di Pasar Lokal, Cek Caranya!

Temu merupakan aplikasi asal China yang baru saja dirilis secara resmi di Indonesia. Aplikasi ini menjadi sarana penjualan dari luar negeri. Karena hal ini, Temu disebut-sebut sangat mengancam bagi produk UMKM.

Secara jalan kerja, aplikasi Temu menghubungkan langsung pabrik dan toko kepada pembelinya. Dengan kehadiran aplikasi ini, hubungan reseller, affiliator hingga pihak ketiga tidak lagi masuk dalam proses jual beli.

Berdasarkan asal usulnya, aplikasi Temu merupakan karya perusahaan asal China, PDD Holdings yang kantornya berada di Boston, Amerika Serikat. Aplikasi ini dipercaya memiliki kegunaan yang sama dengan e-commerce yang ada saat ini.

Hanya menggunakan aplikasi Temu, kamu bisa mencari berbagai barang dari macam-macam kategori yang ada seperti elektronik, peralatan rumah tangga, pakaian dan aksesori. Setelah secara resmi tersedia di Indonesia, aplikasi Temu sudah bisa diunduh melalui App Store maupun Google Play Store.

Laman App Store dan Google Play Store menyebut bahwa aplikasi ini sudah diunduh sebanyak ratusan juta dengan banyaknya pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga: Menkop UKM Andalkan Cerita Nusantara Kenalkan Produk UMKM ke Pasar Global

Karena langsung menghubungkan pembeli dan penjual di pasar China, kehadiran aplikasi Temu disebut-sebut menjadi ancaman serius untuk pelaku UMKM di Tanah Air.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #mengenal #temu #aplikasi #belanja #langsung #dari #pabrik #yang #ancam #umkm #indonesia

KOMENTAR