WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Foto-Video Tanpa Internet, Cukup Goyang HP
Ilustrasi WhatsApp (Unsplash.com/Adem AY)
11:24
23 Januari 2024

WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Foto-Video Tanpa Internet, Cukup Goyang HP

WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan berbagi file seperti foto dan video ke pengguna lain yang jaraknya berdekatan. Fitur ini akan diberi nama People nearby.

Fitur ini pertama kali diumumkan oleh WABetaInfo. Sesuai namanya, fitur baru WhatsApp ini bisa mengirim file ke orang lain dengan syarat jarak mereka berdekatan.

Untuk mengirim file, pengirim dan penerima mesti masuk ke bagian People nearby. Selanjutnya, mereka tinggal menunggu transfer file selesai.

Pengiriman file tersebut juga mendapatkan enkripsi end-to-end agar tidak diintip orang lain, sebagaimana dilaporkan Android Central, Selasa (23/1/2024).

Tak hanya itu, WhatsApp juga merahasiakan nomor telepon pengguna ketika ingin berbagi file dengan pengguna yang tidak ada dalam daftar kontak mereka.

Menariknya, pengguna cukup menggoyangkan HP mereka untuk menerima file yang dikirim dari orang lain. Tapi keduanya juga harus berdekatan.

Sayang sistem transfer baru WA ini belum memberikan informasi soal ukuran file yang dapat dikirim. Tidak jelas juga berapa batasan jumlah file yang akan dikirim.

Fitur ini mirip seperti Quick Share yang ada di Android atau AirDrop yang dimiliki Apple. Kedua fitur ini memungkinkan pengguna mengirim file satu sama lain tanpa perlu memakai internet.

Tapi ada sedikit perbedaan antara Quick Share dan AirDrop. Quick Share bisa membagikan file hingga 500 kali setiap harinya, sedangkan AirDrop tidak memiliki batasan.

Fitur baru ini ditemukan di aplikasi WhatsApp Beta untuk Android versi 2.24.2.20. Sama seperti sebelumnya, fitur ini kemungkinan bakal tersedia ke publik dalam update mendatang.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #whatsapp #siapkan #fitur #kirim #foto #video #tanpa #internet #cukup #goyang

KOMENTAR