Fitur Baru! WhatsApp Akan Izinkan Tag Kontak di Status
Ilustrasi Status WhatsApp. [iGlobalWeb/Pixabay]
12:56
18 September 2024

Fitur Baru! WhatsApp Akan Izinkan Tag Kontak di Status

WhatsApp membuat beberapa perubahan baru pada fitur Status dengan menambahkan lebih banyak cara bagi pengguna untuk terhubung dengan kontak.

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp menambahkan pembaruan utama di Status yang memungkinkan pengguna untuk menandai (tag) kontak saat membuat Status. Fitur yang pertama kali terlihat pada Maret 2024 itu kini diluncurkan untuk beberapa pengguna beta di Android dan akan segera tersedia untuk lebih banyak pengguna di seluruh dunia.

Fitur penyebutan di Status tersebut memungkinkan pengguna untuk menandai orang lain dalam pembaruan Status. Cara kerjanya mirip dengan menandai teman dalam kiriman di platform media sosial seperti Instagram.

Untuk menandai seseorang, pengguna cukup mengklik tombol @ yang sekarang muncul di sebelah bilah teks saat berbagi foto atau video melalui Status. Setelah pengguna menambahkan penyebutan, kontak akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu mereka bahwa mereka telah ditandai dalam Status pengguna.

Baca Juga: Xiaomi Band 9 Dapat Pembaruan HyperOS, Hadirkan Banyak Fitur Baru

Dilansir dari Gizchina pada Rabu (18/9/2024), tim di WABetaInfo melaporkan bahwa pengguna Android beta yang menjalankan WhatsApp versi 2.24.20.3 dapat mencoba fitur ini.

Fitur tag kontak di Status WhatsApp. [WABetaInfo]Fitur tag kontak di Status WhatsApp. [WABetaInfo]

Menariknya, ketika kontak ditandai di Status pengguna, kontak tersebut memiliki opsi untuk membagikannya kembali. Tombol bagikan ulang muncul di sebelah kotak balasan saat melihat Status tempat kontak disebutkan.

Hal ini mungkin familier bagi pengguna Instagram. Namun, satu perbedaan utama dari platform Instagram adalah nama pembuat status asli tetap tersembunyi saat kontak yang ditandai membagikan ulang Status tersebut.

Hal ini menambah lapisan privasi bagi orang yang membuat Status tersebut.

Dengan kata lain, hanya orang yang ditandai yang akan diberi tahu tentang penyebutan tersebut dan tidak ada orang lain yang akan dapat melihat informasi tersebut. Hal ini menjamin bahwa privasi kedua belah pihak tetap terlindungi dan tidak terganggu.

Baca Juga: Makin Canggih! 5 Fitur Terbaru WhatsApp Wajib Kamu Coba!

Meskipun WhatsApp belum mengonfirmasi tanggal rilis resmi untuk fitur tag di Status, fitur ini diharapkan akan tersedia segera setelah fase pengujian beta.

Pengguna yang ingin mencoba fitur ini lebih awal dapat mendaftar dalam program beta WhatsApp untuk mendapatkan akses.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #fitur #baru #whatsapp #akan #izinkan #kontak #status

KOMENTAR