Apple Mulai Rilis iOS 18 bagi Para Penggunanya, Ini Fitur-fitur Terbaru yang Wajib Diketahui Sebelum Instal
Ilustrasi sistem operasi iOS 18 mulai digulirkan Apple ke para penggunanya. (MacRumors)
14:00
16 September 2024

Apple Mulai Rilis iOS 18 bagi Para Penggunanya, Ini Fitur-fitur Terbaru yang Wajib Diketahui Sebelum Instal

– Setelah menjalani pengujian beta selama lebih dari tiga bulan, iOS 18, sistem operasi atau OS Apple untuk perangkat iPhone akhirnya mulai dirilis secara luas ke publik pada hari ini, Senin (16/9).

Pembaruan tersebut sudah tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) untuk diinstal. Cara mengeceknya adalah dengan membuka aplikasi pengaturan atau settings di bawah umum atau general, lalu pilih pembaruan perangkat lunak atau update software.

Dilansir dari MacRumors, iOS 18 baru ini tersedia untuk iPhone XS dan yang lebih baru. Artinya, perangkat di bawah iPhone XS tidak lagi mendukung pembaruan software berupa iOS 18.

iOS 18 memungkinkan Anda menempatkan ikon aplikasi di mana saja pada kisi layar utama, dan ada opsi penyesuaian "gelap" dan "berwarna" baru untuk mewarnai ulang ikon aplikasi. Anda juga dapat mengatur ikon aplikasi agar tampak lebih besar, tanpa label teks di bawahnya.

Salah satu fitur yang hadir di iOS 18 ialah pusat kontrol atau control center yang telah didesain ulang. Seperti layar utama, kini lebih mudah disesuaikan. Yang memungkinkan Anda mengatur ulang dan mengubah ukuran kontrol di beberapa halaman. 

Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak kontrol dari galeri kontrol yang baru. Selain itu, ada juga peningkatan pada fitur iMessage. 

iMessage menerima berbagai fitur baru di iOS 18, termasuk kemampuan untuk menggunakan emoji apa pun sebagai reaksi Tapback, efek teks seperti "Shake" dan "Explode". Juga opsi pemformatan seperti tebal dan garis bawah, kemampuan untuk menjadwalkan pesan untuk dikirim nanti, dukungan RCS, dan banyak lagi.

Apple juga mengatakan aplikasi Foto menerima desain ulang terbesarnya di iOS 18, dengan penghapusan tab dan digantikan tata letak all-in-one. Perubahan tersebut kontroversial, sehingga Apple mengubah desain aplikasi selama periode pengujian beta iOS 18.

Selain itu, iOS 18 juga memperkenalkan kemampuan untuk mengunci aplikasi apa pun di balik Face ID, Touch ID, atau kode sandi iPhone untuk tujuan privasi dan keamanan.

Kini pengguna juga dapat menyembunyikan aplikasi, yang akan memindahkannya ke folder aplikasi tersembunyi yang terkunci.

iOS 18 kemudian juga menyertakan aplikasi kata sandi baru yang menampilkan banyak fitur yang sebelumnya tersedia melalui iCloud Keychain di aplikasi pengaturan. Aplikasi ini memudahkan pengelolaan kata sandi, kunci sandi, kode autentikasi dua faktor, dan banyak lagi.

Nggak ketinggalan, fitur distraction control yang baru, yang sudah terpasang di safari, dapat digunakan untuk menyembunyikan beberapa elemen situs web. Seperti formulir pendaftaran buletin dan permintaan izin kuki. 

Namun, Apple mengatakan fitur tersebut tidak dirancang untuk menjadi pemblokir iklan. Jika Anda menyembunyikan iklan banner, iklan tersebut akan terlihat lagi ketika konten iklan tersebut diperbarui.

Fitur terakhir yang menarik adalah Game Mode. Pertama kali diperkenalkan di Mac, Game Mode kini tersedia di iPhone.

Apple mengatakan Game Mode "meminimalkan aktivitas latar belakang untuk mempertahankan frame rate yang tinggi secara konsisten" selama bermain game. "Mengurangi secara drastis" latensi audio dengan AirPods, dan membuat kontroler game nirkabel "sangat responsif."

Editor: Bayu Putra

Tag:  #apple #mulai #rilis #bagi #para #penggunanya #fitur #fitur #terbaru #yang #wajib #diketahui #sebelum #instal

KOMENTAR