7 Rekomendasi Website AI yang Permudah Mahasiswa, Bisa Persingkat Waktu dan Tingkatkan Produktivitas
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). (Freepik/ rawpixel.com)
06:36
14 September 2024

7 Rekomendasi Website AI yang Permudah Mahasiswa, Bisa Persingkat Waktu dan Tingkatkan Produktivitas

 

Saat ini dunia telah berhadapan dengan revolusi industri 5.0. Hal ini ditandai dengan lebih terintegrasinya teknologi canggih seperti inovasi kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Thinking), untuk memudahkan pekerjaan manusia

Inovasi teknologi terbaru ini dapat mendorong perkembangan yang lebih efisien, fleksibel, berkelanjutan, dan meningkatkan kesejahteraan, tak menutup kemungkinan di bidang pendidikan.

Di era sekarang ini, penggunaan AI dalam beberapa situs website dapat membantu mempermudah hidup mahasiswa dengan memberikan solusi ketika mengerjakan berbagai tugas dan tantangan yang mereka hadapi. 

Situs website AI yang telah tersedia saat ini memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai tugas lebih cepat, mulai dari pengorganisasian catatan hingga pengolahan data dan desain grafis.

Dengan demikian, situs website AI telah membawa manfaat yang signifikan bagi mahasiswa dalam meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan waktu, dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam tugas-tugas mereka. 

Ini merupakan beberapa contoh situs web AI, melansir dari Kripesh Adwani, yang bisa membantu mahasiswa meringankan cara belajar, mengelola informasi, dan berkomunikasi.

  1. ChatGPT

Bukan tidak asing, ChatGPT merupakan salah satu tool AI yang paling populer dan banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia saat ini. Tool AI oleh OpenAI ini, mahasiswa dapat menghasilkan artikel dengan melakukan percakapan dan bertukar pikiran.

Platform ini bekerja melalui perintah berbasis teks. Semakin detail input teks Anda, semakin relevan output yang akan dihasilkan. Siswa dapat memperoleh banyak manfaat dari ChatGPT.

Secara keseluruhan, jika Anda adalah mahasiswa yang mencari platform serba bisa untuk membantu Anda dalam berbagai bidang pendidikan, ChatGPT adalah salah satu tool yang bisa dicoba.

  1. Grammarly

Grammarly merupakan sebuah alat berbasis AI yang bisa digunakan untuk mengoreksi tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Aplikasi ini menggunakan algoritma AI yang kuat untuk memberikan saran secara real-time untuk memperbaiki tata bahasa, ejaan, gaya penulisan, dan lain-lain.

Orang-orang menilai aplikasi ini cukup akurat dalam menganalisis tata bahasa dan apabila muncul kesalahan, alat ini akan memberikan saran bagaimana tata bahasa yang tepat untuk digunakan.

Jika Anda mahasiswa yang sedang membuat artikel berbasis bahasa Inggris, alat ini cocok untuk dicoba.

  1. Quillbot

Aplikasi satu ini menawarkan bantuan bagi Anda yang ingin memparafrase sebuah kalimat atau bahkan paragraph. Quillbot saat ini bahkan telah memiliki akses 23 bahasa yang ada di seluruh dunia.

Selain parafrase, aplikasi ini juga menawarkan fitur peringkas dan penghasil kutipan. Bagi Anda yang kesulitan mengekspresikan ide dengan jelas dan ringkas, bisa coba tool AI ini.

  1. Mubert

Muber merupakan platform berbasis AI yang bisa membantu Anda untuk membuat music atau sountrack dengan bebas royalti.

Untuk memulainya, Anda bisa membuat musik baru atau mencari dengan acuan pada video YouTube. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat trek, loop, campuran, dan jingle. Anda bahkan bisa memilih genre, durasi, dan suasana hati untuk mengolahnya.

Aplikasi ini akan membantu mahasiswa yang perlu untuk membuat tugas dengan kreasi latar music, presentasi, bahkan proyek video.

  1. Otter AI

Jika Anda sering melakukan kelas daring dan harus membuat catatan pembelajaran, aplikasi berbasis AI ini cocok untuk Anda. Otter AI menawarkan alat yang bisa membuat catatan teks dari video atau rekaman suara untuk kemudian ditranskripsikan secara real time.

Aplikasi ini menawarkan ringkasan cepat, catatan, dan poin-poin penting yang dibahas selama kelas. Anda juga dapat mengobrol dengan Otter AI untuk meminta informasi spesifik, membuat email, dan lain-lain.

  1. PDF AI

PDF.ai merupakan salah satu alat yang menarik, karena alat ini bisa memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan tentang topik apa pun berdasarkan dokumen PDF yang Anda unggah.

Baik itu meringkas seluruh dokumen, menunjukkan konsep-konsep kunci, menyederhanakan topik yang rumit, atau menemukan informasi tertentu.

Secara garis besar, ini adalah alat yang sangat membantu untuk mempercepat proses pembelajaran bagi mahasiswa dan mendorong pembelajaran mandiri.

  1. BypassGPT

Lelah karena tugas Anda kadang ditandai terindikasi AI? Nah, BypassGPT ini merupakan alat berbasis AI yang bisa merevisi konten yang dibuat AI menjadi bentuk yang lebih manusiawi untuk menghindari deteksi AI.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #rekomendasi #website #yang #permudah #mahasiswa #bisa #persingkat #waktu #tingkatkan #produktivitas

KOMENTAR