Lebih Percaya TikTok, Riset Ungkap Gen Z Tak Pakai Google untuk Cari Informasi
Ilustrasi TikTok saat ini dijadikan sebagai rujukan mencari informasi. (Search Engine Land)
13:48
11 September 2024

Lebih Percaya TikTok, Riset Ungkap Gen Z Tak Pakai Google untuk Cari Informasi

–Sejauh ini, Google Search masih menjadi platform mesin pencari yang paling tersohor di antara para pesaingnya seperti Bing dan sejenisnya. Saking banyaknya informasi yang bisa dicari, sampai-sampai Google disebut sebagai Mbah Google oleh kebanyakan orang karena mau tanya apa saja, pasti bisa dijawab.

Namun tren tersebut tampaknya mulai bergeser. Hal tersebut merujuk pada temuan terbaru yang mengungkapkan bahwa Gen Z, saat ini tidak menggunakan Google untuk mencari informasi. Dilansir dari Fortune, menurut Bernstein Research, remaja masa kini jarang menggunakan Google. Hal tersebut merupakan tanda bahwa Gen Z telah mengubah cara mereka berinteraksi dengan internet secara mendasar.

Google atau Googling saat ini telah menjelma menjadi kata kerja, merujuk pada kegiatan mencari informasi tertentu lewat Google.

”Audiens yang lebih muda mencari, bukan mencari di Google,” kata analis Bernstein Mark Shmulik dan rekan-rekannya dalam sebuah catatan yang diterbitkan pekan lalu.

Lalu apa gantinya? Temuan terbaru mengungkapkan fakta mengejutkan dengan Gen Z saat ini cenderung lebih percaya TikTok untuk mencari informasi yang mereka cari.

”Dan mereka semakin sering membuka media sosial seperti TikTok untuk rekomendasi restoran, langsung ke agregator berskala seperti Amazon untuk ritel, dan pencarian AI Generatif seperti ChatGPT untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka,” lanjut Mark Shmulik.

Sebagai informasi, Bernstein, menggunakan survei yang dilakukan pada April 2024 oleh Forbes Advisor dan Talker Research terhadap 2.000 warga Amerika. Sebanyak 45 persen Gen Z lebih cenderung menggunakan pencarian sosial di situs-situs seperti TikTok dan Instagram daripada Google.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan sekitar 35 persen generasi milenial, 20 persen Gen X, dan kurang dari 10 persen Boomer. Bahkan seiring bertambahnya usia Gen Z, mereka semakin mengandalkan media sosial sebagai mesin pencari utama.

”Generasi Z juga tumbuh di Internet yang relatif matang. Sudah menjadi sifat alami bagi para pengguna ini untuk langsung mengakses sumbernya… Dunia ini tidak besar dan menakutkan, melainkan hanya rumah bagi Gen Z," kata Shmulik dalam catatannya.

Bagi generasi muda, platform media sosial telah menjadi cara untuk mencari tahu apa yang akan dibeli, di mana akan makan, dan bagaimana menghabiskan waktu mereka. Sekitar 40 persen Gen Z mengatakan, mereka menggunakan media sosial sebagai mesin pencari utama untuk merek, produk, dan layanan pada 2016, dan hampir 52 persen mengatakan hal yang sama pada 2023, menurut data dari GWI Core.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #lebih #percaya #tiktok #riset #ungkap #pakai #google #untuk #cari #informasi

KOMENTAR