Cara Menggunakan Tombol Kontrol Kamera di iPhone 16, Praktis dan Fungsional!
Tombol Kontrol Kamera. (Apple)
15:56
10 September 2024

Cara Menggunakan Tombol Kontrol Kamera di iPhone 16, Praktis dan Fungsional!

iPhone 16 resmi debut di pasar global dengan harga mulai dari 799 dolar AS atau sekitar Rp 12,3 juta. Berikut terdapat penjelasan terkait cara menggunakan Kontrol Kamera pada iPhone 16 series.

Sebagai informasi, Apple menghadirkan Action Button dan tombol Camera Control (Kontrol Kamera) pada iPhone 16 serta iPhone 16 Plus. Terletak di sisi kiri bodi, Action Button memungkinkan pengguna mengakses dengan mudah berbagai fungsi hanya dengan sekali tekan.

Menurut keterangan Apple, Action Button dapat membuat pengguna membuka kamera, senter, atau kontrol; beralih antara Dering dan Hening; mengenali musik dengan Shazam; mengaktifkan Memo Suara, Fokus, Terjemahkan, dan fitur aksesibilitas seperti Kaca Pembesar dengan cepat.

Pengguna juga bisa menemukan tombol Kontrol Kamera pada sisi kanan perangkat, tepat di bawah tombol daya.

Baca Juga: Apple Rilis Jajaran iPhone 16, Ini Spesifikasi dan Harga Lengkapnya

Tombol Kontrol Kamera dapat dioperasikan menggunakan jempol sehingga lebih praktis. Fitur ini mampu menjalankan sejumlah fungsi berbeda saat mengambil gambar dan video.

Tombol Kontrol Kamera. (Apple)Tombol Kontrol Kamera. (Apple)

"Kontrol Kamera penuh dengan inovasi, termasuk tombol sentuh yang menghadirkan sensasi klik, sensor gaya presisi tinggi yang memungkinkan gestur tekan ringan, dan sensor kapasitif yang memungkinkan interaksi sentuhan. Kontrol Kamera dapat dengan cepat meluncurkan kamera, mengambil foto, dan memulai perekaman video sehingga tidak ada momen yang terlewatkan oleh pengguna," tulis Apple melalui laman resmi perusahaan. Berikut penjelasan terkait cara menggunakan tombol Kontrol Kamera di iPhone 16:

  • Klik sekali: Smartphone akan membuka aplikasi Camera atau aplikasi pihak ketiga.
  • Klik sekali (dalam posisi kamera terbuka): Ambil foto.
  • Klik dan tahan: Buka aplikasi kamera, mulai merekam video.
  • Tekan ringan (buka kontrol seperti zoom): Tombol ini akan mengunci fokus dan pencahayaan (akan hadir pada update terbaru) untuk membingkai ulang bidikan tanpa kehilangan fokus.
  • Tekan ringan dua kali: Buka menu pratinjau kamera untuk memilih kontrol yang berbeda seperti pencahayaan atau kedalaman bidang.
Tombol Kontrol Kamera. (Apple)Tombol Kontrol Kamera. (Apple)

Dikutip dari MacRumors, Apple juga akan mengintegrasikan Kontrol Kamera dengan fitur kecerdasan buatan pada akhir tahun ini.

Pengguna dapat membuka aplikasi Kamera dan mengarahkannya ke suatu objek untuk mendapatkan informasi tentang objek dengan gerakan klik serta tahan. Mengarahkannya ke restoran, misalnya, akan menampilkan jam buka dan rating restoran. Sementara mengarahkannya ke pabrik akan mengidentifikasi pabrik tersebut.

Jangan lupa ikuti akun Instagram @suaratekno untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia teknologi!

Baca Juga: Deteksi Kamera Tersembunyi: Fitur Baru HyperOS 2.0 untuk 14 HP POCO

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #cara #menggunakan #tombol #kontrol #kamera #iphone #praktis #fungsional

KOMENTAR