Mengenal Apple Intelligence, teknologi AI Pertama Apple yang Diluncurkan untuk Saingi AI Samsung  
Apple kenalkan teknologi AI pertamanya yang diberi nama Apple Intelligence. (Apple)
12:56
10 September 2024

Mengenal Apple Intelligence, teknologi AI Pertama Apple yang Diluncurkan untuk Saingi AI Samsung  

 

- Apple akhirnya berusaha mengejar ketertinggalannya dari Samsung dalam hal teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di perangkat gadget besutan mereka.

Samsung sudah lebih dulu dan menjadi pionir dalam bidang AI yang disematkan pada smartphone, smartwatch dan tablet bikinannya.

Mengikuti kesuksesan Samsung, Apple akhirnya meluncurkan teknologi AI mereka sendiri yang diberi nama Apple Intelligence. Seperti namanya, teknologi tersebut merupakan sistem kecerdasan personal yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal.

Tujuannya adalah untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan. Apple Intelligence akan mulai diluncurkan bulan depan dengan iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1. Dengan lebih banyak fitur yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Apple Intelligence kali pertama diluncurkan dalam bahasa Inggris AS. Dan akan segera diperluas untuk menyertakan bahasa Inggris lokal di Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Inggris pada bulan Desember.

Tentunya dengan dukungan sejumlah bahasa tambahan seperti bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, dan Spanyol yang akan hadir tahun depan. Indonesia kok nggak ada?

Apple Intelligence akan terintegrasi secara mendalam ke dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Memanfaatkan kekuatan silikon Apple untuk memahami dan membuat bahasa dan gambar, mengambil tindakan di seluruh aplikasi, dan mengambil konteks pribadi untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari.

Apple dalam presentasinya memastikan rangkaian pertama fitur Apple Intelligence akan tersedia bulan depan. Yakni Writing Tools, memberikan pengalaman yang menyenangkan, intuitif, mudah digunakan, dan dirancang khusus untuk membantu pengguna melakukan hal-hal yang paling penting bagi mereka.

Dengan Writing Tools, pengguna dapat menyempurnakan kata-kata mereka dengan menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks hampir di mana pun mereka menulis. Termasuk mail, notes, pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, di aplikasi Foto, fitur Kenangan kini memungkinkan pengguna membuat film yang ingin mereka lihat hanya dengan mengetik deskripsi.

Selain itu, bahasa alami dapat digunakan untuk mencari foto tertentu, dan pencarian dalam video menjadi lebih canggih dengan kemampuan menemukan momen tertentu dalam klip. 

Alat Pembersihan baru juga dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.

Aplikasi Notes dan Phone memungkinkan pengguna untuk merekam, menyalin, dan meringkas audio.

Saat rekaman dimulai saat panggilan berlangsung di aplikasi Phone, peserta akan diberi tahu secara otomatis. Dan setelah panggilan berakhir, Apple Intelligence juga membuat ringkasan untuk membantu mengingat poin-poin penting. Dan banyak lagi fitur AI lainnya.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #mengenal #apple #intelligence #teknologi #pertama #apple #yang #diluncurkan #untuk #saingi #samsung

KOMENTAR