Gak Sengaja Klik Tautan Penipuan? Jangan Panik, Buruan Lakukan Ini!
Ilustrasi ponsel yang terkena virus. [Kaspersky]
12:16
22 Agustus 2024

Gak Sengaja Klik Tautan Penipuan? Jangan Panik, Buruan Lakukan Ini!

Pengguna pasti pernah mendapatkan tautan atau link palsu melalui SMS, WhatsApp, atau email. Jika pengguna tidak sengaja mengkliknya, jangan panik dan segera melakukan langkah yang tepat untuk mengurangi potensi kerugian.

Dilansir dari Gizchina pada Kamis (22/8/2024), berikut ini hal-hal yang harus pengguna lakukan jika tak sengaja mengklik tautan penipuan di ponsel:

Jika pengguna memasukkan data pribadi

Jika pengguna memasukkan informasi pribadi apa pun, seperti kredensial bank atau data sensitif lainnya, ke situs web palsu, diperlukan tindakan segera. Inilah yang harus pengguna lakukan:

Baca Juga: 3 HP Samsung Ini Tak Terima Update Lagi, Rentan Serangan Malware

  • Ubah kata sandi: Jika pengguna memasukkan nama pengguna, kata sandi, atau detail bank, segera ubah kata sandi ntuk semua layanan yang terpengaruh. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun.
  • Beritahu bank: Jika pengguna memberikan informasi bank, segera hubungi bank untuk melaporkan potensi penyusupan.
  • Pantau rekening: Periksa laporan bank dan rekening online secara teratur untuk mengetahui adanya transaksi atau perubahan yang tidak sah. Laporkan aktivitas mencurigakan apa pun ke bank atau penyedia layanan.
Malware di smartphone. [Shutterstock]Ilustrasi ponsel terkena phising. [Shutterstock]

Jika pengguna mengunduh perangkat lunak berbahaya

Beberapa situs web palsu meminta pengguna mengunduh dan menginstal aplikasi berbahaya. Aplikasi ini dapat menimbulkan konsekuensi yang parah, seperti menyadap kode verifikasi atau mengakses informasi sensitif. Inilah yang harus dilakukan jika pengguna telah memasang aplikasi semacam itu:

  • Copot pemasangan aplikasi: Jika pengguna belum membuka aplikasi, cukup copot pemasangannya dari perangkat. Namun jika pengguna sudah membukanya, mungkin ada tindakan lebih lanjut yang diperlukan.
  • Ubah kata sandi: Perbarui kata sandi pengguna untuk akun-akun penting, terutama yang terkait dengan perbankan online atau informasi sensitif.
  • Factory reset: Jika pengguna mencurigai aplikasi tersebut mungkin telah menyusupi perangkat, lakukan factory reset. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi dari ponsel.
  • Periksa aktivitas berbahaya: Setelah mencopot pemasangan aplikasi atau melakukan penyetelan ulang, pantau akun dan ponsel untuk mengetahui adanya aktivitas yang tidak biasa.

Terlepas dari situasi spesifik yang dialami pengguna, melaporkan pesan penipuan dapat membantu mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Sebagian besar aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp, menawarkan opsi untuk melaporkan upaya spam atau phishing. Pelaporan membantu meningkatkan sistem deteksi spam dan melindungi pengguna lain dari ancaman serupa.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #sengaja #klik #tautan #penipuan #jangan #panik #buruan #lakukan

KOMENTAR