Terungkap Alasan Jorji Tak Ikut Upacara HUT ke-79 di IKN, Beda dengan Veddriq dan Rizki Juniansyah
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berpose dengan medali perunggu Olimpiade Paris 2024, di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (15/8/2024). 
18:20
17 Agustus 2024

Terungkap Alasan Jorji Tak Ikut Upacara HUT ke-79 di IKN, Beda dengan Veddriq dan Rizki Juniansyah

Terungkap alasan Gregoria Mariska Tunjung tidak turut serta merayakan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibukota Nusantara, Sabtu (17/8/2024).

Perayaan upacara kemerdekaan HUT ke-79 RI di Ibukota Nusantara dihadiri oleh dua peraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah.

Veddriq merupakan peraih medali emas dari cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor kecepatan putra, sedangkan Rizki Juniansyah dari angkat besi.

Sebenarnya ada satu lagi atlet yang juga meraih medali di Olimpiade Paris 2024, tak lain adalah Gregoria Mariska Tunjung.

Jorji, sapaan akrab Gregoria, merupakan atlet badminton yang mempersembahkan medali perunggu dari nomor tunggal putri.

Namun sayang, Jorji tidak ikut hadir dalam upacara di Ibukota Nusantara. Alasannya bukan karena medali yang diperoleh bukan medali emas, melainkan karena alasan lain.

Gregoria Mariska ternyata mengalami sakit cacar air dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Veddriq Leonardo (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan) Veddriq Leonardo (kiri) dan Rizki Juniansyah (kanan) (Kolase Tribunnews -AFP/JONATHAN NACKSTRAND/MIGUEL MEDINA)

Semula, Jorji sebenarnya dijadwalkan turut hadir di IKN bersama Veddriq dan juga Rizki Juniansyah. Namun kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk mengikuti upacara di sana.

Bahkan karena kondisinya ini, atlet berusia 24 tahun ini juga harus mundur dari tur asia Japan Open 2024 dan Korea Open 2024 yang digelar akhir Agustus ini.

Jadwal Japan Open 2024 akan mulai dihelat pada 20-25 Agustus, sedangkan Korea Open 2024 digelar 27 Agustus hingga 1 September.

Jorji sediakan dijadwalkan ikut di dua turnamen BWF World Tour itu, namun kini dibatalkan karena kondisi kesehatannya.

Tunggal putri asal Wonogiri itu mengalami gangguan kesehatan. Jorji terkena virus cacar air sehingga diharuskan untuk istirahat.

PBSI dalam ketarangan di unggahan Instagramnya mengatakan Jorjo sudah merasa tidak enak badan sejak Jumat (16/8) kemarin.

Kondisinya belum juga membaik hingga akhirnya dilarikan ke RS Medistra, Jakarta pada Sabtu pagi ini.

Dokter Pelatnas PBSI, Tjahyadi Soegiono mengatakan dari hasil pemeriksaan laboratorium, Gregoria terkena virus cacar air.

"Dari hasil lab berupa pemeriksaan darah yang telah dilakukan, bahwa Gregoria mengalami infeksi virus dan dinyatakan terkena penyakit varicella (cacar air)," kata dr. Tjahyadi.

"Kondisi kesehatan Gregoria ini pun sudah disampaikan kepada Kepala Bidang Medis Pelatnas PBSI Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, Sp. OT, FICS," jelas PBSI melalui akun @badminton.ina.

Dengan mundurnya Jorji dari tur Asia ini, berarti ia mengikuti langkah yang diambil An Se-young yang juga mundur dari Japan dan Korea Open 2024.

(Tribunnews.com/Tio)

Editor: Dwi Setiawan

Tag:  #terungkap #alasan #jorji #ikut #upacara #beda #dengan #veddriq #rizki #juniansyah

KOMENTAR