3 Kerugian Shin Tae-yong Usai Tak Panggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia
Elkan Baggott dalam seragam timnas Indonesia (pssi.org)
19:06
15 Agustus 2024

3 Kerugian Shin Tae-yong Usai Tak Panggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia

Mengupas tiga kerugian yang akan dirasakan Shin Tae-yong usai memilih tak memanggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong mengindikasikan belum ingin memanggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indikasi ini terlihat dari pernyataan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. Ia menyebutkan bahwa bek berusia 21 tahun itu belum masuk daftar pemanggilan.

Padahal Timnas Indonesia sendiri akan melakoni laga sulit di awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni melawan Arab Saudi dan Australia pada September mendatang.

Baca Juga: Ogah Terburu-buru Gabung Timnas Indonesia, Masih Muncul Keraguan Ole Romeny?

Terlebih lagi di laga perdana kontra Arab Saudi, Timnas Indonesia akan kehilangan dua beknya, yakni Jordi Amat dan Justin Hubner.

Dua bek andalan Shin Tae-yong itu harus absen akibat terkena akumulasi kartu di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak dan Filipina pada Juni lalu.

Karena mengindikasikan belum memanggil Elkan Baggott, ada tiga kerugian yang akan dirasakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Apa saja itu?

1. Krisis Bek

Absennya Jordi Amat dan Justin Hubner, serta tak dipanggilnya Elkan Baggott akan membuat Shin Tae-yong merasakan krisis bek di laga kontra Arab Saudi.

Baca Juga: Main di Liga Spanyol, Marselinus Ama Ola Anak Siapa?

Dengan absennya dua pemain itu dan absennya Elkan Baggott, Timnas Indonesia hanya akan memiliki dua bek murni pada diri Rizky Ridho dan Jay Idzes.

Sejatinya Nathan Tjoe-A-On bisa diplot sebagai bek. Tapi melihat penampilan terakhirnya di Timnas dan klub, ia lebih cocok bermain sebagai gelandang atau bek kiri.

2. Kehilangan Pemain Berpengalaman

Di putaran ketiga melawan Arab Saudi dan Australia, Timnas Indonesia tak hanya butuh bek berkualitas, namun juga berpengalaman.

Tak dipanggilnya Elkan Baggott otomatis membuat lini belakang Timnas Indonesia akan kehilangan pemain berpengalaman saat laga melawan Arab Saudi dan Australia.

Meski berusia muda, Elkan Baggott tergolong pemain senior di Timnas Indonesia era Shin Tae-yong dengan catatan 22 penampilan di berbagai ajang.

3. Kehilangan Sosok Vital saat Duel Udara

Di laga melawan Arab Saudi dan Australia, Timnas Indonesia diprediksi harus siap menghadapi duel-duel udara, terutama dalam bertahan.

Tak dipanggilnya Elkan Baggott yang punya postur 1,96 meter akan membuat Shin Tae-yong kehilangan sosok vital saat duel udara melawan penyerang-penyerang lawan.

Di samping itu, postur tinggi Elkan Baggott juga akan berguna bagi Timnas Indonesia saat buntu dalam menyerang, seperti halnya saat menghadapi Jepang di Piala Asia 2023 lalu.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kerugian #shin #yong #usai #panggil #elkan #baggott #timnas #indonesia

KOMENTAR