Head to Head Manchester City vs Manchester United: Manchester Is Red or Blue?
Kolase logo Manchester United dan Manchester CIty [@footballontnt]
13:42
10 Agustus 2024

Head to Head Manchester City vs Manchester United: Manchester Is Red or Blue?

Manchester Is Red atau Manchester Is Blue? Pertanyaan ini selalu jadi pertanyaan suporter Manchester City dan Manchester United.

Nanti malam Sabtu (10/8/2024) pukul 21:00 WIB, akan kembali diuji pernyataan apakah Manchester itu merah atau Manchester itu biru.

Bertempat di Stadion Wembely pada ajang Community Shield, Manchester City akan menghadapi Manchester United. Laga nanti malam jadi pertemuan ke-193 kedua tim di semua kompetisi.

Namun untuk ajang Community Shield, baru dua kali Manchester City bertemu dengan Manchester United. Pada pertemuan Community Shield 2011, Manchester United meraih kemenangan 3-2 atas Manchester City.

Baca Juga: Prediksi Community Shield Manchester City vs Manchester United: Red Devils Sulit Menang?

Gelandang Manchester United, Amad Diallo dan bek Aaron Wan-Bissaka merayakan gol selama pertandingan persahabatan pramusim antara Manchester United vs Real Betis di Stadion SnapDragon di San Diego, California, pada 31 Juli 2024.Patrick T. Fallon / AFP.Gelandang Manchester United, Amad Diallo dan bek Aaron Wan-Bissaka merayakan gol selama pertandingan persahabatan pramusim antara Manchester United vs Real Betis di Stadion SnapDragon di San Diego, California, pada 31 Juli 2024.Patrick T. Fallon / AFP.

Layaknya laga derbi di semua kompetisi, selalu ada cerita menarik dari pertemuan Manchester City dan Manchester United.

Merujuk pada head to head kedua tim di musim lalu, City sukses pecundangi United di Premier League, baik laga kandang dan tandang.

Pasukan Erik ten Hag dibuat tak berdaya di Old Trafford dan Stadion Etihad. Faktanya tak bis dipungkiri selepas United ditinggal Sir Alex Ferguson, United bukan lagi penguasa Manchester.

Revolusi di Manchester City pasca kedatangan eks PM Thailand Thaksin Shinawatra dan saat ini dimiliki oleh milioner UEA, Sheikh Mansour membuat The Sky Blues bukan lagi tim medioker.

Klub ini menjelma jadi kaya raya dengan bergelimang prestasi. Puasa gelar Liga Inggris sudah terhenti dan bahkan musim 2022/2023, mereka untuk kali pertama dalam sejarah meraih tropy Liga Champions.

Baca Juga: Here We Go! Daftar Pemain Timnas Indonesia Main di Liga Inggris, Ada yang Menyedihkan Terbuang dan Turun Level

Kondisi berbanding terbalik dengan United. Era Glazer dan pensiunnya Sir Alex Ferguson membuat Red Devils memasuki masa kegelapan. Sulit bagi United untuk bisa Renaissance.

Manchester City berhasil menundukkan Chelsea dengan skor telak 4-2. (AFP)Manchester City berhasil menundukkan Chelsea dengan skor telak 4-2. (AFP)

Segala daya upaya dilakukan dari menunjuk pelatih sekaliber, Louis van Gaal hingga Jose Mourinho, United mau tak mau bisa dikatakan berganti tempat dengan City menjadi tim medioker.

Merujuk pada paparan di atas, hal ini bertautan dengan fakta dan statistik kedua tim di semua kompetisi. Berikut ulasannya:

- Sepanjang sejarah, United meraih 79 kemenangan, City mendapatkan 61 kemenangan dan 53 laga berakhir imbang.

- Pada pertemuan Community Shield 2011, Manchester United meraih kemenangan 3-2 atas Manchester City.

- Manchester United meraih 21 kali gelar Community Shield, sedangkan Manchester City baru 6 kali.

- Manchester City terakhir juara Community Shield pada 2019, saat itu mereka kalahkan Liverpool lewat babak adu penalti.

- Sementara United terakhir juara Community Shield pada 2016 dengan mengalahkan Leicester City 2-1.

- Pada pramusim, Manchester United melakoni 5 pertandingan dengan hasil 3 kali menang dan 2 kali kalah.

- Dari 5 laga pramusim, United hanya mencetak 6 gol dan kemasukan 8 gol.

- Manchester United rata-rata kebobolan pertama di menit ke-22 hingga 35.

- Manchester City meraih 3 kekalahan beruntun di laga pramusim, dari Celtic, Milan dan Barcelona.

- Manchester City mencetak 11 gol di 4 laga pramusim dan kemasukan 11 gol.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #head #head #manchester #city #manchester #united #manchester #blue

KOMENTAR