Benarkan Malaysia Sengaja Mengalah demi Hindari Timnas Indonesia U-19 di Semifinal Piala AFF U-19 2024?
Malaysia vs Thailand di Piala AFF U-19 2024. (Dok. FAM)
16:42
25 Juli 2024

Benarkan Malaysia Sengaja Mengalah demi Hindari Timnas Indonesia U-19 di Semifinal Piala AFF U-19 2024?

Kekhawatiran publik mulai mencuat menyoal isu Timnas Malaysia U-19 yang bakal mengalah dengan sengaja demi menghindari pertemuan dengan Timnas Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2024.

Sebagai informasi, Timnas Malaysia U-19 dan Thailand U-19 berpeluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2024 dari Grup C. Mereka akan menjalani laga penentuan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (25/7/2024).

Sebelum laga penentuan ini digelar, keduanya sudah sama-sama dipastikan lolos. Sebab, Thailand dan Malaysia sama-sama mengantongi total enam poin dari dua pertandingan di fase penyisihan grup.

Hanya saja, Malaysia saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup C karena unggul produktivitas gol yang mencapai (+16), sedangkan Thailand hanya memiliki selisih gol sebesar (+7).

Baca Juga: Menkominfo Budi Arie Klaim Satgas Judi Online Selamatkan Uang Rakyat Rp 34,49 Triliun

Jika melihat bagan pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-19 yang sudah dipastikan lolos sebagai juara Grup A bakal berjumpa tim yang berstatus sebagai pemuncak Grup C.

Sedangkan tim yang berstatus sebagai runner-up terbaik, yakni dari Grup C, bakal berjumpa Australia di fase semifinal. Baik Thailand maupun Malaysia sama-sama berpeluang jumpa Indonesia di babak ini.

Akan tetapi, berjumpa Timnas Indonesia U-19 di semifinal bakal menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, tim lawan bakal menghadapi puluhan ribu suporter yang siap mendukung Garuda Nusantara di Stadion GBT.

Faktor suporter inilah yang bisa menjadi faktor besar untuk mendorong skuad asuhan Indra Sjafri tampil lebih menggila dibandingkan pertandingan-pertandingan sebelumnya di babak penyisihan grup.

Apalagi, dengan modal tersebut, Arkhan Kaka dan kawan-kawan sukses tampil impresif dengan menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan, saat melawan Filipina (6-0), Kamboja (2-0), dan Timor Leste (6-2).

Baca Juga: Jelang Tes Tertulis Capim KPK, Nurul Ghufron Siapkan Kondisi Pikiran dan Tubuh

Sedangkan menghadapi Australia U-19, sekalipun mereka tim terkuat di Grup B, dianggap lebih mudah dihadapi mengingat level permainan di kelompok usia ini sangat tipis di antara tim-tim elite tersebut.

Oleh karena itu, benarkah Thailand atau Malaysia lebih memilih menghadapi Australia di semifinal Piala AFF U-19 2024 daripada berjumpa Indonesia?

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #benarkan #malaysia #sengaja #mengalah #demi #hindari #timnas #indonesia #semifinal #piala #2024

KOMENTAR