Terungkap! Besaran Saham Erick Thohir di Klub Inggris, Oxford United
Erick Thohir. (pssi.org)
11:42
22 Juli 2024

Terungkap! Besaran Saham Erick Thohir di Klub Inggris, Oxford United

Kabar Erick Thohir menjadi pemilik saham mayoritas club sepakbola Oxford United sudah lama terdengar. Kini, publik semakin penasaran berapa saham Erick Thohir di Oxford United.

Pengambilalihan pemegang saham minoritas Oxford United yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya selesai. Setelah serangkaian penjualan dan transaksi, Anindya Bakrie dan Thohir kini memiliki 51 persen saham pengendali di klub League One.

Pengusaha Indonesia Bakrie dan Thohir telah ditetapkan untuk membeli saham mayoritas di Oxford United dari ketua Thailand Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth.

Sementara itu, pendiri Mahaka Group dan presiden Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie itu telah mengincar untuk mengambil alih Oxford United F.C., yang juga dijuluki The U's sejak 2018. Ia menyatakan bahwa klub sepak bola Inggris memiliki "tradisi dan sejarah panjang dan reputasi yang membanggakan bagi orang-orang Oxford."

Baca Juga: Bukan Oxford United, Marselino Ferdinan Justru Berpeluang Ikuti Jejak Pelatih Tottenham Hotspur

Saham Erick Thohir di Oxford United

Anidnya Bakrie dan Erick Thohir menjadi pemilik saham mayoritas Oxford United sejak September 2022. Kepemilikan saham mereka adalah 51 persen dan proporsi kepemilikan keduanya dibagi merata, yakni 25,5 persen untuk Erick Thohir dan 25,5 persen untuk Anindya Bakrie.

Pemilik Oxford United, Anindya Bakrie (kedua dari kiri). [Istimewa]Pemilik Oxford United, Anindya Bakrie (kedua dari kiri). [Istimewa]

Berdasarkan informasi tersebut, maka kepemilikan saham Erick Thohir atas Oxford United adalah sebesar 25,5 persen. Ia secara resmi membeli saham mayoritas tersebut dari pebisnis asal Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth.

Sebelumnya ia juga memiliki saham di club tersebut, tetapi hanya sebagai pemilik minoritas. Setelah terjadi perubahan kepemilikan, Erick Thohir dan Anindya Bakrie menjadi pemilik mayoritas.

Perkembangan Oxford United

Baca Juga: BUMN Karya Keciduk Rebutan Proyek Pemerintah

Perkembangan terbaru dari klub Oxford United ialah klub ini berhasil promosi ke divisi Championship, kasta kedua kompetisi Liga Inggris tahun 2024-2025. Keberhasilan tersebut didapatkan setelah Oxford United berhasil memenangkan 2-0 melawan Bolton Wanderers dalam babak final playoff, League One.

Oxford United akan berlaga di Championship musim depan untuk pertama kalinya setelah 25 tahun terakhir. Terakhir kali Oxford United berlaga di Championship adalah tahun 1999.

Sampai beberapa waktu lalu, Oxford United turun ke divisi kelima atau Conference National pada musim 2005/2006. Butuh waktu sampai empat musim agar Oxford United naik ke League Two. Setelah perjuangan panjang, mereka akhirnya memperoleh tiket promosi ke League One pada musim 2015/2016. Mereka mampu bertahan di League One sampai musim ini meski jarang mencapai kasta tertinggi dalam liga Inggris tersebut.

Oxford United menjuarai Divisi Ketiga Inggris pada musim 1984/1985. Mereka meraih dua kali gelar juara Divisi Keempat Inggris pada 1967/1968 dan 1983/1984. Mereka juga mengoleksi gelar League Cup musim 1985/1986, Football League Trophy tahun 2016/2017 serta Sourthern League Cup tahun 1952/53 dan 1953/54.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: M Nurhadi

Tag:  #terungkap #besaran #saham #erick #thohir #klub #inggris #oxford #united

KOMENTAR