Misi Back to Back Hancurkan Australia, Shin Tae-yong Enggan Sesumbar: Kami Tak Boleh Sombong
Shin Tae-yong diwawancara Youtuber Lee Gyeong-gyu. (Youtube Lee Gyeong-gyu)
22:48
18 Juli 2024

Misi Back to Back Hancurkan Australia, Shin Tae-yong Enggan Sesumbar: Kami Tak Boleh Sombong

Shin Tae-yong memiliki pengalaman positif saat memimpin Timnas Indonesia U-23 melawan Australia di Piala Asia U-23 2024. Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan enggan sesumbar jelang tim senior menghadapi Socceroos di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia U-23 berhasil membungkam Australia dengan skor 1-0 dalam matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024. Saat itu, gol semata wayang Merah Putih dicetak Komang Teguh.

Hasil itu menjadi modal berharga bagi Shin Tae-yong jelang memimpin Timnas Indonesia di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan dimulai pada September mendatang.

Timnas Indonesia diketahui akan bersaing dengan tim-tim kuat yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, China dan Bahrain.

Baca Juga: Jens Raven Ungkap Pesan Menyentuh Usai Cetak Gol Perdana di Timnas Indonesia U-19

Laga kontra Australia jelas menjadi sorotan. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada 10 September 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.

Meski punya modal kemenangan di level U-23, Shin Tae-yong ogah sesumbar karena level tim senior jelas berbeda dengan kelompok umur.

Apalagi, Timnas Indonesia juga belum lama ini dihajar Australia dengan skor 0-4 dalam babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Januari 2024 lalu.

"Kami tak boleh sombong, karena nanti bisa dikritik. Kami harus melihat persaingannya lebih cermat," kata Shin Tae-yong saat menjadi bintang tamu dalam kanal YouTube Lee Gyeong-gyu, dikutip pada Kamis (18/7/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)

Meski enggan meninggi, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia sejatinya di atas kertas tidak kalah jauh dibanding tim asuhan Graham Arnold. Salah satu aspek yang dinilai seimbang adalah postur pemain.

Baca Juga: Kabar Abroad: Kiper Indonesia Maarten Paes Juara Copa Tejas Bareng FC Dallas

"Timnas Indonesia secara rata-rata tinggi pemain sama dengan Australia. Jadi dari segi fisik kami tidak kalah. Bahkan dengan Korea Selatan, Indonesia unggul tinggi rata-rata sekitar 3 cm," kata Shin Tae-yong.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #misi #back #back #hancurkan #australia #shin #yong #enggan #sesumbar #kami #boleh #sombong

KOMENTAR