Masato Sugiharto Akui Punya Darah Indonesia, Tulis Ini di Bio Instagram
Jejak Indonesia Masato Sugiharto: Winger Jebolan Klub Jay Idzes Kini Main di Thailand [Tangkap layar Instagram]
18:24
16 Juli 2024

Masato Sugiharto Akui Punya Darah Indonesia, Tulis Ini di Bio Instagram

Pemain muda Thailand, Masato Sugiharto, mengakui dirinya memiliki darah Indonesia usai membubuhkan bendera Tanah Air di bio Instagram-nya.

Lewat bio Instagram-nya itu, pemain yang baru berusia 15 tahun tersebut memasukkan dua bendera yakni bendera Indonesia dan Thailand.

Diketahui, dua simbol bendera Indonesia dan Thailand itu menandakan asal serta kebangsaan yang dimilikinya saat ini.

Anehnya, Masato Sugiharto justru tak memasukkan bendera Belanda pada bio Instagram-nya. Padahal, dirinya diketahui pernah tinggal di negeri Kincir Angin itu.

Baca Juga: Lama Tak Dipanggil STY, Gelandang Rp5,21 M Ini Dinilai Salah Satu Pemain Aboard Paling Sukses Berkarier di Luar Negeri

Melansir dari laman Transfermarkt, Masato Sugiharto pernah berkarier di Belanda dengan bermain untuk akademi FC Eindhoven.

Barulah pada awal tahun 2024 ini, ia dan beserta keluarganya hijrah ke Thailand dan melanjutkan kariernya di klub Pattaya Dolphins United.

Karena pernah tinggal di Belanda, Masato Sugiharto pun memegang dua kewarganegaraan, mengingat Thailand mengizinkan warga negaranya memiliki kewarganegaraan ganda.

Tak banyak informasi mengenai latar belakang Masato Sugiharto, termasuk dari mana darah Indonesia yang mengalir pada tubuhnya.

Hanya saja, media Thailand yakni Ball Thai, mengabarkan bahwa Masato Sugiharto hanya punya darah Thailand-Belanda.

Baca Juga: Alasan Mengejutkan Indra Sjafri Coret Ji Da Bin dari Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024

Dalam laporannya, Masato Sugiharto didatangkan oleh Pattaya United untuk dibina agar bisa menembus tim senior pada masa yang akan datang.

Saat didatangkan, Masato Sugiharto tak sendiri. Ada pula pemain berdarah Thailand-Belanda lainnya yakni Jamie de la Croix yang juga diboyong Pattaya United.

Diminta Netizen Bela Indonesia?

Masato Sugiharto, wonderkid Thailand keturunan Indonesia. (Instagram/@masatosugih)Masato Sugiharto, wonderkid Thailand keturunan Indonesia. (Instagram/@masatosugih)

Karena menyematkan bendera Indonesia, banyak netizen Tanah Air yang kemudian memenuhi kolom komentar unggahan Masato Sugiharto.

Pada umumnya, netizen Indonesia menyematkan akun orang-orang dari PSSI, Menpora, hingga para pelatih tim nasional seperti Nova Arianto dan Shin Tae-yong.

Komentar-komentar itu pun menandakan bahwa netizen Indonesia ingin agar pihak-pihak terkait mengajak Masato Sugiharto membela tim Merah Putih, terutama untuk Timnas Indonesia U-16.

Pasalnya, saat ini Timnas Indonesia U-16 tengah dihadapkan pada persiapan untuk menghadapi ajang bergengsi, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Rencananya, ajang tersebut akan digelar pada bulan Oktober mendatang. Timnas Indonesia U-16 sendiri tergabung di grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Di atas kertas, peluang Timnas Indonesia U-16 untuk lolos terbilang sulit, mengingat hanya 10 juara grup dan 5 tim peringkat kedua terbaik yang akan lolos.

Karenanya nama Masato Sugiharto disodorkan ke PSSI agar bisa turut membantu Timnas Indonesia U-16 di babak kualifikasi dan lolos ke Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #masato #sugiharto #akui #punya #darah #indonesia #tulis #instagram

KOMENTAR