Siapa Orang Tua Tristan Gooijer yang Dituduh Netizen sebagai Anggota RMS?
Tristan Gooijer yang bermain untuk Ajax Amsterdam. (Instagram/tristangooijer)
13:18
12 Juli 2024

Siapa Orang Tua Tristan Gooijer yang Dituduh Netizen sebagai Anggota RMS?

Pemain muda keturunan Indonesia, Tristaj Gooijer, menjadi salah satu target naturalisasi yang diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia. Orang tuanya memiliki hubungan dengan Maluku hingga disebut sebagai anggota Republik Maluku Selatan (RMS).

Apabila melihat rekam jejaknya, Tristan Gooijer memang mempunyai potensi untuk dinaturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia. Dia tercatat lahir di Blaricum, Belanda, pada 2 September 2004.

Saat ini, pemain berusia 19 tahun itu berstatus sebagai penggawa Ajax Amsterdam. Sejak masih berusia muda, dia memang telah menghabiskan banyak waktunya berlatih bersama AkademI Ajax hingga bermain untuk Jong Ajax.

Sejak namanya melambung karena memiliki darah keturunan Indonesia, banyak sekali netizen yang mencoba mengulik soal latar belakang lelaki yang berposisi sebagai pemain bertahan tersebut.

Baca Juga: Justin Hubner, dan Rekor Penampilan di Liga Jepang yang Ternyata Sulit untuk Dia Pecahkan

Bahkan, ada pula netizen yang menuduh bahwa Tristan Gooijer merupakan keturunan anggota Republik Maluku Selatan (RMS) yang berstatus sebagai organisasi separatis pertama yang muncul pada medio 1950-an.

Tuduhan itu memang tak masuk akal karena hanya didasarkan pada jejak leluhurnya yang berasal dari Maluku. Sebagai informasi, darah keturunan Indonesia Tristan diperoleh dari nenek keluarga ibunya yang berasal dari Maluku.

Saat menjalani wawancara dengan Yussa Nugraha pada medio November 2023 lalu, Tristan Gooijer memang memberikan penjelasan bahwa keluarganya berasal dari Indonesia, tepatnya dari Maluku.

Pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Tristan Gooijer. (Instagram/ajax)Pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Tristan Gooijer. (Instagram/ajax)

“Dulu aku pernah post bendera Indonesia di bio instagramku. Karena aku pikir aku ada darah Indonesia. Dan aku dikasih tahu dari keluargaku kalau Maluku beda dari Indonesia,” ujarnya di kanal YouTube Yussa Nugraha.

Dia memang menyinggung soal latar belakang Melayu yang dianggap sensitif oleh keluarganya. Dari sanalah, netizen lantas menduga-duga bahwa leluhur Tristan Gooijer memiliki hubungan dengan RMS.

Baca Juga: Momen Pertandingan Jay Idzes vs Tijjani Reijnders, Bang Jay Dibikin Tantrum

“Aku belum tahu tentang situasi Maluku dan Indonesia. Kalau aku mengambil keputusan yang membuat keluargaku tidak setuju, aku gak mau hal itu terjadi. Situasi Maluku dan Indonesia sedikit sensitif,” tambahnya.

Terlepas dari berbagai tudingan tersebut, Tristan Gooijer akhirnya sempat merasa gerah dengan netizen yang melayangkan tuduhan tersebut. Dia mengakui bahwa keluarganya bukan anggota Republik Maluku Selatan. 

"Untuk kalian yang tetap bertanya, saya dan keluarga saya bukan RMS," tulis Tristan Gooijer diunggah akun Instagram pribadi yang disertai dengan emotikon love sekaligus Bendera Merah Putih. 

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #orang #tristan #gooijer #yang #dituduh #netizen #sebagai #anggota

KOMENTAR