9, 90, 15: Angka-angka Menarik Pasca Lolosnya Inggris ke Final Euro 2024
Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024, setelah menang 2-1 atas Belanda pada pertandingan semifinal Piala Eropa 2024 di Stadion BVB, Dortmund, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB. (AFP)
22:30
11 Juli 2024

9, 90, 15: Angka-angka Menarik Pasca Lolosnya Inggris ke Final Euro 2024

Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024, setelah menang 2-1 atas Belanda pada pertandingan semifinal Piala Eropa 2024 di Stadion BVB, Dortmund, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Pada pertandingan final, The Three Lions akan bertemu Spanyol, yang menang atas Prancis dengan skor yang sama yakni 2-1, pada semifinal yang dimainkan sehari sebelumnya.

Belanda unggul terlebih dahulu melalui sepakan Xavi Simons, tetapi kapten Inggris Harry Kane menyamakan kedudukan melalui eksekusi penaltinya.

Pemain pengganti Ollie Watkins lantas menjadi penyelamat timnas Inggris melalui gol penentu kemenangannya pada menit ke-91.

Baca Juga: Inggris Tembus Final, Southgate Ingin Tebus Dosa di Wembley Empat Tahun Lalu

Inggris sukses melaju ke final Piala Euro 2024 usai tekuk Belanda. (uefa.com)Inggris sukses melaju ke final Piala Euro 2024 usai tekuk Belanda. (uefa.com)

Anak asuh Gareth Southgate ini mengulang capaian mereka pada perhelatan Euro empat tahun lalu. Meski di akhir, Inggris telan pil pahit di final Euro 2020.

Melawan Italia di Stadion Wembley, Inggris menyerah di babak adu penalti. Pada final Euro 2024, Harry Kane Cs akan melawan Spanyol yang menumbangkan Prancis.

Partai final Inggris vs Spanyol akan berlangsung Olympiastadion, Berlin pada 14 Juni 2024.

Pasca kemenangan Inggris atas Belanda di babak semifinal, sejumlah angka-angka menarik tercipta. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

9 - Dikutip dari data Opta, satu gol Harry Kane ke gawang Belanda membuat striker Bayern Munich itu punya catatan gol lebih banyak dibanding pemain lain.

Baca Juga: Ollie Watkins: Dari Pemain Amatir Kini Jadi Pahlawan Inggris

Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024, setelah menang 2-1 atas Belanda pada pertandingan semifinal Piala Eropa 2024 di Stadion BVB, Dortmund, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB. (AFP)Inggris melaju ke final Piala Eropa 2024, setelah menang 2-1 atas Belanda pada pertandingan semifinal Piala Eropa 2024 di Stadion BVB, Dortmund, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB. (AFP)

Kane telah mengoleksi 9 gol di babak sistem gugur turnamen besar, baik Euro ataupun Piala Dunia. Catatan 9 gol Kane ini melewati Gerd Müller, Miroslav Klose, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappé (8 gol).

90 - Gol Ollie Watkins ke gawang Belanda di menit ke-90 menurut catatan Opta menjadi gol kemenangan kedua di menit ke-90 di babak sistem gugur Euro. Sebelumnya ini pernah terjadi di babak semifinal Euro 2008 antara Jerman vs Turki.

15 - Selain itu, gol Watkins tercipta lewat operan sebanyak 15 kali, kedua terbanyak dalam catatan untuk gol Inggris di Euro.

Catatan 19 operan untuk menciptan gol pernah diciptakan Steven Gerrard ke gawang Swiss di ajang Euro 2024.

1- Gol Watkins berasal dari assist brilian dari Cole Palmer. Ini untuk kali pertama, dua pemain pengganti Inggris bekerja sama untuk mencetak gol di babak sistem gugur ajang Euro.

7 - Inggris mengalahkan Belanda, negara yang dirangking FIFA berada di posisi ke-7. Ini jadi negara dengan peringkat tertinggi yang dikalahkan Inggris di babak gugur baik di ajang Piala Dunia ataupun Euro, sejak perempat final Euro 1996 saat mengalahkan Spanyol.

5 - Inggris di Euro 2024 menjadi tim pertama dalam sejarah Euro atau Piala Dunia yang menghadapi lima negara berbeda yang semuanya berawal huruf sama (Serbia, Slovenia, Slowakia, Swiss, Spanyol).

1- Inggris menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang mencapai final meski sempat tertinggal terlebih dahulu di babak perempat final dan semifinal.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #angka #angka #menarik #pasca #lolosnya #inggris #final #euro #2024

KOMENTAR