Sempat Terkendala Naturalisasi, Ini Status Baru Maarten Paes yang bakal Lengkapi Pertahanan Timnas Indonesia
Maarten Paes kiper naturalisasi yang akan membela Timnas Indonesia. (Instagram/@maatenpaes)
13:30
11 Juli 2024

Sempat Terkendala Naturalisasi, Ini Status Baru Maarten Paes yang bakal Lengkapi Pertahanan Timnas Indonesia

Maarten Paes, kiper keturunan Indonesia-Belanda, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tanggal 30 April 2024. Pemain berusia 25 tahun ini disumpah di Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta, menandai babak baru dalam karir sepak bolanya.

Proses naturalisasi Paes sempat mengalami kendala karena regulasi FIFA terkait perubahan federasi. Namun, dengan kegigihan dan tekadnya, Paes akhirnya berhasil mengantongi kewarganegaraan Indonesia.

Paes, yang saat ini bermain untuk FC Dallas di Major League Soccer (MLS), memiliki garis keturunan Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur.

Ia telah lama menunjukkan minatnya untuk membela Timnas Indonesia, dan naturalisasinya disambut dengan antusias oleh para pecinta sepak bola tanah air.

Baca Juga: Maarten Paes Diincar Klub Italia Empoli

Sudah menjadi WNI, Maarten Paes tentu menjadi opsi Shin Tae-yong dalam memperkuat lini bertahan skuad Garuda. Bukan tanpa alasan pengalamanna di kasta tertinggi sepak bola Belanda atau Eredivisie tentu menjadi modal penting.

Di sisi lain Paes menjadi kiper muda yang cukup disorot dalam turnamen MLS di Amerika Serikat. Loyalitasnya sebagai pemain muda pun tak diragukan, mengingat upayanya untuk segera berseragam Timnas selama proses naturalisasi berlangsung.

Meski sudah menyandang status WNI, Maarten Paes belum pernah tampil dalam pertandingan resmi bersama Timnas Indonesia. Ia masih menunggu debutnya bersama skuad Garuda.

Peluang Paes untuk membela Timnas Indonesia terbuka lebar. Ia dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia pada bulan Juni 2024 kemarin, dan menunjukkan performa yang gemilang, memang hingga 11 Juli 2024 ia belum berkesempatan untuk membela Timnas Indonesia.

Dengan performa impresifnya di klub dan Timnas, Paes diprediksi akan segera mendapatkan debutnya bersama Timnas Indonesia di pertandingan resmi.

Baca Juga: Update Harga Pasar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat Alami Penurunan

Karier pesepakbola 25 tahun ini cukup menonjol. Ia mengawali dengan bergabung ke akademi VV Union yang dilanjutkan ke NEC Nijmegen di tahun 2012.

Paes lolos dan bermain di U-17 dan U-19 Nijmegen kemudian lolos ke tim senior di tahun 2018 yang saat itu usianya baru 18 tahun.

Ia pun mendapat tawaran bergabung ke FC Utrecht di 2018 dengan kontrak selama 4 tahun. Ia pun mencatat 48 kali penampilan di semua kompetisi dengan 12 clean sheet serta kebobolan 63 gol.

Berkat performanya tersebut Maarten Paes dipinjam ke FC Dallas dari Utrecht pada 2022 lalu. FC Dallas pun jatuh cinta dengan performanya dimana Paes dipermanenkan pada musim panas 2022.

Pada kompetisi di musim tersebut Paes mencatatkan clean sheet 3 kali serta 12 kali kebobolan.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #sempat #terkendala #naturalisasi #status #baru #maarten #paes #yang #bakal #lengkapi #pertahanan #timnas #indonesia

KOMENTAR