Manajer Timnas Kasih Kepastian Kabar Nova Arianto Dijagokan Latih Timnas Senior untuk Piala AFF 2024
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto (tengah) saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. [Dok. Instagram/@novarianto30]
11:00
11 Juli 2024

Manajer Timnas Kasih Kepastian Kabar Nova Arianto Dijagokan Latih Timnas Senior untuk Piala AFF 2024

Manajer Timnas Indonesia Surmadji memberikan kepastian status asisten pelatih Shin Tae-yong usai dikabarkan dijagokan jadi pelatih Timnas Indonesia senior untuk Piala AFF 2024.

Saat dihubungi Suara.com, Nova Arianto mengaku belum mengetahui perihal isu dirinya akan menggantikan Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2024.

Nova justru masih menunggu komunikasi dengan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Nova Arianto digadang-gadang bakal memimpin Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024 agar pelatih Shin Tae-yong bisa fokus mempersiapkan skud Garuda untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Rekap Kabar Baik hingga Buruk Bursa Transfer Pemain Timnas Indonesia, Terbaru Maarten Paes Siap ke Serie A Liga Italia

Jadwal turnamen sepak bola Asia Tenggara itu diketahui berdekatan dengan matchday keempat dan kelima putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Piala AFF 2024 akan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember mendatang. Sedangkan lanjutan putaran ketiga akan bergulir pada 14 dan 19 November 2024.

Nova Arianto menjelaskan bahwa dirinya menyerahkan semua keputusan kepada Shin Tae-yong dan PSSI perihal penunjukkan untuk menangani Timnas Indonesia di Piala AFF 2024.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji di Stadion Madya, Senayan, Jakarta (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji di Stadion Madya, Senayan, Jakarta (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Saat ini, Nova mengaku akan fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 yang sudah ditunggu Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober mendatang.

Skuad Garuda Asia diketahui masuk Grup C dalam ajang tersebut.

Baca Juga: Hitung-hitungan Timnas Indonesia Tembus 100 Dunia, Butuh 109,83 Poin FIFA

Timnas Indonesia U-16 akan kemmbali bertemu tim yang mengalahkan mereka di semifinal Piala AFF U-16 2024, serta saling sikut dengan dua tim lain yaitu Kuwait dan Mariana Utara.

Saat dihubungi Suara.com, Sumardji mengatakan jika kabar Nova bakal 'naik pangkat' belum dibicarakan di internal PSSI atau pun Timnas Indonesia.

"Sejauh ini belum ada pembicaraan," singkat Sumarji, Rabu malam.

Kabar ini dimulai saat media sosial meramaikan isu Nova dijagokan jadi pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024.

COO Bhayangkara Solo FC, Sumardji. (HO/Bhayangkarasolofc.id)COO Bhayangkara Solo FC, Sumardji. (HO/Bhayangkarasolofc.id)

Usulan itu dilempar netizen lewat akun Instagram sepak bola @garudarevolution.football.

"Bisa menjadi masukan untuk @pssi. Delegasikan Coach Nova untuk AFF senior adalah baik untuk menambah jam terbang Coach Nova," tulis @garudarevolution.football.

"Kita punya minpi kan suatu saat Timnas dilatih Pelatih Lokal dan sukses besar? Ini lah awal dari mimpi itu."

"Memberikan kepercayaan lebih kepada Pelatih yang dirasa mampu."

"Semoga Coach STY juga setuju, dan kalo diliat dari Game Play nya mirip banget seharusnya gak ada masalah dengan hal ini."

"Agar Coac STY bisa fokus di Timnas A karna memang Jadwal King Indo sedang padat banget bosku."

Postingan itu di-like lebih dari 83 ribu akun hingga Rabu (10/7/2024). Termasuk akun Instagram Shin Tae-yong juga memberikan jempol.

Tanggapan diberikan netizen dengan beragam. Ada yang setuju, ada juga yang tidak.

"Gimana ceritanya,pelatih kepala STY pindah tangah ke pelatih lain peraturan darimana pelatih kepala diganti pelatih lain? Aneh aneh," tulis sautmaru***.

"Ga nyoba coach FH saja?" tulis @abroa***.

"kenapa harus nova? masih ada fakhri husaini sama bimasakti galaxy yg siap memporak porandakan asean ndan," tulis @abdi***.

Piala AFF 2024 atau yang kini bernama ASEAN Champhionship digelar mulai 23 November hingga 21 Desember 2024 dengan format kandang-tandang.

Turnamen ini dibagi menjadi dua grup, Grup A dan Grup B yang masing-masing berisi lima kontestan yang akan saling menghabisi.

Grup A berisi Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja dan pemenang play-off, sementara Grup B berisi Vietnam, Indonesia, Filipina, Myanmar dan Laos.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #manajer #timnas #kasih #kepastian #kabar #nova #arianto #dijagokan #latih #timnas #senior #untuk #piala #2024

KOMENTAR