Track Record Wasit Felix Zwayer vs Timnas Inggris: Mimpi Buruk The Three Lions?
Bek Turki, Abdulkerim Bardakci, menerima kartu kuning oleh wasit Jerman Felix Zwayer selama pertandingan Grup F Euro 2024 antara Turki vs Portugal di BVB Stadion di Dortmund pada 22 Juni 2024. (Kenzo Tribouillard/AFP)
20:30
10 Juli 2024

Track Record Wasit Felix Zwayer vs Timnas Inggris: Mimpi Buruk The Three Lions?

Laga panas semifinal Euro 2024 akan mempertemukan Inggris vs Belanda di Borussia Dortmund Stadium, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Pemenang laga nanti akan bertemu Spanyol di partai puncak yang sebelumnya menyingkirkan Prancis di babak empat besar.

Selain duel menarik kedua tim, sorotan juga ditujukan kepada wasit Felix Zwayer yang ditunjuk UEFA memimpin laga tersebut.

Wasit berusia 43 tahun itu langsung menjadi bahan pembicaraan, terutama dari penggemar penggemar Inggris.

Baca Juga: Gol Indah 102 Km/Jam Lamine Yamal Berbuah Rekor Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Euro

Gelandang The Three Lions, Jude Bellingham pernah merasakan aksi kontroversial sang wasit saat masih membela Borussia Dortmund.

Bellingham mengecam keputusan wasit dengan menuding menjadi pengatur pertandingan saat timnya dikalahkan Bayern Muenchen pada Desember 2021.

Salah satu keputusan kontroversial Zwayer adalah memberikan penalti kepada Muenchen atas handball yang tak disengaja oleh Mats Hummels.

Atas kritikan itu, gelandang berusia 21 tahun itu mendapatkan denda dari Asosiasi Sepak Bola Jerman (DBF).

PSSI-nya Jerman itu juga menjatuhkan larangan memimpin laga selama enam bulan kepada Zwayer setelah terbukti keterlibatannya dalam skandal pengaturan pertandingan.

Baca Juga: Apes! Jelang Lawan Inggris, Skuat Belanda Terkatung-katung di Peron Stasiun

Sebelum di Euro 2024 ini, Zwayer sudah kali ditugaskan dua kali laga yang mempertandingkan Timnas Inggris, yakni saat Kualifikasi Euro 2020 dan Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Pada dua pertandingan itu, Inggris memang selalu menang. Tapi pada pertandingan melawan Kosovo di Kualifikasi Euro 2020, Zwayer memberikan dua penalti masing-masing satu untuk Kosovo dan Inggris.

Selain itu, wasit ini ternyata punya sejarah kelam terkait kasus suap pertandingan di Jerman. Wasit kelahiran Berlin itu pernah dihukum oleh UEFA pada 2005.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #track #record #wasit #felix #zwayer #timnas #inggris #mimpi #buruk #three #lions

KOMENTAR