Timnas Indonesia Senior di Piala AFF 2024 Bakal Dilatih Nova Arianto? Pengamat: Bukan Masalah Mumpuni Atau Tidak, Tapi..
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto saat konferensi pers jelang laga semifinal melawan Australia di Piala AFF U-16 (pssi.org)
15:12
10 Juli 2024

Timnas Indonesia Senior di Piala AFF 2024 Bakal Dilatih Nova Arianto? Pengamat: Bukan Masalah Mumpuni Atau Tidak, Tapi..

Nova Arianto digadang-gadang akan menjadi pelatih timnas Indonesia senior untuk Piala AFF 2024. Apakah sudah pantas?

Pengamat Sepak Bola Ignatius Indro mengatakan pelatih untuk Piala AFF 2024 bukan soal sudah pantas atau tidak.

Sebab PSSI tidak menargetkan khusus Timnas Indonesia di Piala AFF 2024.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto (kiri) saat bersama pelatih Shin Tae-yong dan penerjemah Jeong Seok-seo. [Dok. Instagram/@novarianto30]Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto (kiri) saat bersama pelatih Shin Tae-yong dan penerjemah Jeong Seok-seo. [Dok. Instagram/@novarianto30]

"Bukan mumpuni atau tidak, AFF kan sudah tidak menjadi target oleh PSSI," kata Indro saat dihubungi Suara.com, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Misi Balas Dendam ke Australia, Timnas Indonesia Buru Pemain Keturunan Baru

Menurut Indro, memang sudah sepantasnya Timnas Senior dilatih pelatih lain, selain Shin Tae-yong.

"Ini yang menjadi mengurusi AFF harus pelatih lain, karena Shin Tae-yong untuk kualifikasi," kata dia.

Sementara itu, dihubungi Suara.com secara terpisah, Nova Arianto mengaku belum mengetahui perihal isu dirinya akan menggantikan Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2024. Dia masih menunggu komunikasi dengan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto (Kiri). (pssi.org)Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto (Kiri). (pssi.org)

Nova Arianto digadang-gadang bakal memimpin Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024 agar pelatih Shin Tae-yong bisa fokus mempersiapkan skud Garuda untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jadwal turnamen sepak bola Asia Tenggara itu diketahui berdekatan dengan matchday keempat dan kelima putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Jangan Naturalisasi Terus, 3 Pemain Ini Wajib Diboyong Shin Tae-yong ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Piala AFF 2024 akan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember mendatang. Sedangkan lanjutan putaran ketiga akan bergulir pada 14 dan 19 November 2024.

Nova Arianto menjelaskan bahwa dirinya menyerahkan semua keputusan kepada Shin Tae-yong dan PSSI perihal penunjukkan untuk menangani Timnas Indonesia di Piala AFF 2024.

Saat ini, Nova mengaku akan fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 yang sudah ditunggu Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober mendatang.

Skuad Garuda Asia diketahui masuk Grup C dalam ajang tersebut. Timnas Indonesia U-16 akan kemmbali bertemu tim yang mengalahkan mereka di semifinal Piala AFF U-16 2024, serta saling sikut dengan dua tim lain yaitu Kuwait dan Mariana Utara.

"Saya serahkan semuanya ke coach Shin [Tae-yong] dan PSSI," kata Nova Arianto kepada Suara.com, Rabu (10/7/2024).

"Saat ini pun saya masih akan fokus melakukan seleksi pemain [Timnas Indonesia U-16] kembali untuk melihat potensi-potensi yangg mungkin terlewat dari pemantauan."

Perubahan pelatih kepala untuk ajang Piala AFF bukanlah barang baru bagi PSSI. Sebelumnya, PSSI sempat menunjuk Bima Sakti untuk menukangi Garuda di Piala AFF 2018.

Saat itu, Bima Sakti berstatus sebagai asisten pelatih Luis Milla. Di tangan Bima, Timnas Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2018.

Belakangan, PSSI mengisyaratkan Nova Arianto berpeluang menggantikan Shin Tae-yong di Piala AFF 2024. Namun, mereka akan melihat kiprah Nova lebih dulu saat memimpin Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2024.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #timnas #indonesia #senior #piala #2024 #bakal #dilatih #nova #arianto #pengamat #bukan #masalah #mumpuni #atau #tidak #tapi

KOMENTAR