STY Didesak Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Apapun Caranya
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:12
9 Juli 2024

STY Didesak Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 Apapun Caranya

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji mengharapkan pelatih Shin Tae-yong (STY) bisa meloloskan tim Merah Putih ke Piala Dunia 2026. STY diharapkan mampu melakukannya melalui cara apapun.

Peluang Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026 memang lebih terbuka dibanding edisi-edisi terdahulu. Hal itu menyusul perubahan format di mana peserta akan berjumlah 48 alih-alih cuma 32.

Perubahan format membuat Kualifikasi Piala Dunia 2026 di setiap zona mengalami perubahan. Kuota tim yang bisa lolos pun otomatis bertambah.

Merujuk hal itu, Timnas Indonesia diharapkan bisa mengambil kesempatan untuk menjadi salah satu dari 48 peserta Piala Dunia 2026. Apalagi, Garuda kini berhasil melangkah ke putaran ketiga kualifikasi zona Asia.

Baca Juga: Viral Rumah Reyot Pemain Timnas Indonesia Faldy Alberto di Bojonegoro Terancam Dibongkar

Meski demikian, tantangan untuk melangkah ke Piala Dunia 2026 tetap berat. Timnas Indonesia yang merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang berhasil melangkah ke putaran ketiga, masuk Grup C bersama tim-tim kuat.

Mereka harus saing sikut dengan para raksasa yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Di putaran ketiga, hanya peringkat satu dan dua masing-masing grup saja yang mendapat tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang diadakan di Amerika, Kanada, dan Meksiko.

Sedangkan posisi tiga dan empat akan kembali bertarung di ronde keempat. Sisanya posisi lima dan enam tersingkir.

"Dari awal saya sudah tegaskan, kami harus lolos ke Piala Dunia 2026. Mau itu lewat putaran ketiga atau putaran keempat atau babak play-off," kata Sumardji kepada awak media beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Vietnam Datangkan Pemain Keturunan Ceko untuk Hajar Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024

Sampai dengan saat ini belum ada target yang dipatok PSSI untuk STY. Tapi, tentu saja semua berharap Rizky Ridho dan kawan-kawan bisa berlaga di Piala Dunia 2026.

"Tapi mungkin bisa ditanyakan lagi ke Pak Erick Thohir untuk target realnya seperti apa," pungkas Sumardji.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #didesak #loloskan #timnas #indonesia #piala #dunia #2026 #apapun #caranya

KOMENTAR