Belanda vs Turki: Ronald Koeman Tak Ingin Kesalahan Lawan Austria Terulang
Pelatih Belanda Ronald Koeman. (AFP/LLUIS GENE)
20:54
6 Juli 2024

Belanda vs Turki: Ronald Koeman Tak Ingin Kesalahan Lawan Austria Terulang

Timnas Belanda bersiap menghadapi Turki di babak perempat final Euro 2024 dengan semangat tampil baik untuk melangkah sejauh mungkin di event bergengsi ini.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, mewanti-wanti anak asuhnya agar tidak mengulangi kesalahan saat kalah 2-3 dari Austria di fase grup.

"Jika Anda ingin tampil bagus, Anda tidak perlu mengalami kekalahan terlebih dahulu, jangan sampai Austria terulang lagi," kata Koeman, dikutip dari AFP, Sabtu.

“Anda harus melakukannya sendiri, para pemain berdiri di depan semifinal, ini adalah peluang untuk maju di turnamen ini," tambahnya.

Baca Juga: Portugal Disingkirkan Prancis Lewat Adu Penalti, Begini Komentar Roberto Martinez

Bek Belanda, Denzel Dumfries, juga menunjukkan semangat juangnya. "Saya tidak butuh motivasi ekstra untuk pertandingan ini. Ini perempat final Euro, dan saya senang bisa berada di sini," ujar Dumfries.

Koeman optimis dengan peluang timnya jika mampu mempertahankan performa gemilang saat mengalahkan Rumania 3-0 di babak 16 besar.

Pelatih kepala Turki asal Italia Vincenzo Montella (ketiga dari kiri) berbicara dengan para pemain Turki selama sesi latihan tim menjelang Euro 2024 di base camp tim di Barsinghausen pada 13 Juni 2024. OZAN KOSE / AFPPelatih kepala Turki asal Italia Vincenzo Montella (ketiga dari kiri) berbicara dengan para pemain Turki selama sesi latihan tim menjelang Euro 2024 di base camp tim di Barsinghausen pada 13 Juni 2024. OZAN KOSE / AFP

"Pertandingan terakhir menunjukkan level sepak bola yang sangat bagus. Jika kami bisa mempertahankan performa itu, ini bisa menjadi turnamen yang fantastis bagi kami," kata Koeman, yang pernah membawa Belanda juara Euro 1988.

Namun, Koeman juga mewaspadai dukungan penuh suporter Turki di Berlin.

"Saya punya pengalaman melawan tim-tim Turki, dan atmosfernya selalu bagus," ungkap Koeman. "Kami harus menguasai bola dan membuat mereka diam. Tetap tenang, fokus pada permainan, dan lakukan yang terbaik."

Baca Juga: Spanyol Singkirkan Jerman, Luis de la Fuente Angkat Topi untuk Penggawa La Roja

Di sisi lain, Pelatih Turki, Vincenzo Montella, mengakui kekuatan Belanda. Dia menyiratkan bakal menerapkan pendekatan taktik berbeda guna mengalahkan Oranje.

"Kami adalah salah satu tim dengan pengalaman turnamen paling sedikit, dan kami sangat senang bisa mencapai sejauh ini. Saya tidak percaya pada formasi, tapi saya percaya pada taktik. Kami selalu berusaha mengubah strategi sesuai dengan lawan," jelas Montella.

Pertempuran sengit antara Belanda dan Turki diprediksi akan tersaji di Stadion Olimpiade Berlin pada Minggu (7/7) dini hari WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #belanda #turki #ronald #koeman #ingin #kesalahan #lawan #austria #terulang

KOMENTAR