Beda Masalah 2 Kiper Naturalisasi hingga Belum Bisa Debut di Timnas Indonesia
Timnas Indonesia sudah memiliki dua kiper berstatus pemain naturalisasi yakni Maarten Paes dan Cyrus Margono (dalam foto). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.
15:48
6 Juli 2024

Beda Masalah 2 Kiper Naturalisasi hingga Belum Bisa Debut di Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sejatinya memiliki dua pemain keturunan di pos penjaga gawang jelang memainkan laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai 5 September 2024 mendatang. Mereka adalah aarten Paes dan Cyrus Margono.

Namun, baik Maarten Paes dan Cyrus Margono, memiliki masalahnya masing-masing sehingga hingga kini belum bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Maarten Paes, yang sudah mendapatkan status warga negara Indonesia (WNI) pada akhir April lalu, masih harus menunggu tanpa tahu kapan bisa membela Garuda.

Hal itu terjadi lantaran proses perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI masih terganjal aturan FIFA.

Baca Juga: Berambisi Kembali ke Timnas Indonesia, Edo Febriansyah Tak Gentar Bersaing dengan Calvin Verdonk dan Shayne Pattynama

Paes tidak memenuhi syarat FIFA terkait artikel 9 ayat 2 soal pergantian asosiasi. Hal itu lantaran dia pernah bermain untuk Belanda U-21 di Kualifikasi Euro U-21 2021 saat usianya sudah menginjak 22 tahun.

Salah satu aturan dalam regulasi FIFA itu menyebut bahwa seorang pesepak bola bisa berganti tim nasional jika berusia di bawah 21 tahun saat kali terakhir membela negara pertamanya baik di level junior maupun senior dalam pertandingan resmi.

Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes saat memperkuat klubnya di Amerika Serikat, FC Dallas. [IG Maarten Paes]Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes saat memperkuat klubnya di Amerika Serikat, FC Dallas. [IG Maarten Paes]

PSSI pun disebut tengah mengajukan banding ke pengadilan olahraga atau Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

Sebelum masalah itu diselesaikan, kiper 25 tahun yang saat ini membela klub Major League Soccer (MLS), FC Dallas itu masih harus menunggu waktu debutnya.

Sementara itu, Cyrus Margono telah resmi menjadi WNI setelah mengikuti prosesi pengambilan sumpah menjadi WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur pada 21 Maret 2024 lalu.

Baca Juga: Dibongkar Marselino Ferdinan, Sikap STY di Luar Lapangan Bikin Kaget

Kiper Keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (instagram.com/cmargono)Kiper Keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (instagram.com/cmargono)

Belum diketahui apakah perpindahan federasi Cyrus Margono di FIFA telah selesai. Namun, andaipun sudah selesai, kiper Panathinaikos B itu sejauh ini belum mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia.

Berbeda dengan Maarten Paes, masalah yang dialami Cyrus adalah soal selera dari pelatih Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut sepertinya belum tertarik untuk memanggil sang kiper.

Hal itu terbilang wajar mengingat Cyrus Margono menjalani proses perpindahan kewarganegaraan tanpa adanya rekomendasi dari Shin Tae-yong.

Patut dinantikan siapa dari dua kiper tersebut yang akan lebih dulu menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Agenda Garuda terdekat adalah putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #beda #masalah #kiper #naturalisasi #hingga #belum #bisa #debut #timnas #indonesia

KOMENTAR