2 Fakta Menarik dari Dominasi Indonesia atas Vietnam di Lintas Turnamen dan Usia
Pemain Timnas Indonesia Rafael Struick saat berebut bola dengan pemain Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
18:36
5 Juli 2024

2 Fakta Menarik dari Dominasi Indonesia atas Vietnam di Lintas Turnamen dan Usia

Vietnam pernah menjadi lawan yang sulit bagi Timnas Indonesia di berbagai level usia. Namun, situasinya kini berbalik, dan Indonesia dominan atas Vietnam.

Sebelumnya, menang melawan Vietnam adalah hal langka bagi Indonesia, terutama dari tahun 2016 hingga 2023, di mana Indonesia hanya meraih satu kemenangan atas Vietnam pada level senior.

Pertemuan yang sulit juga terjadi pada level usia muda, seperti pada Piala AFF U-23 2023.

Indonesia, yang dilatih oleh Shin Tae-yong, kalah dalam adu penalti setelah bermain imbang 0-0 melawan Vietnam pada waktu normal dan perpanjangan waktu.

Baca Juga: Heboh Darius Kena Damprat Netizen Komen IG Nova Arianto Terimakasih ke Shin Tae-yong, Kasihan Diego Sinathrya

Berikut dua fakta Timnas Indonesia mendominasi Vietnam sepanjang 2024. Simak ulasannya.

1. Vietnam Jadi Bulan-bulanan Timnas Indonesia

Jay Idzez saat rayakan golnya ke gawang Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (the-afc.com)Jay Idzez saat rayakan golnya ke gawang Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (the-afc.com)

Setelah Piala Asia 2023, Indonesia terus memperkuat tim dengan pemain keturunan, sementara Vietnam menghadapi masalah dengan pemecatan pelatih Philippe Troussier.

Pertemuan kembali antara Indonesia dan Vietnam terjadi di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret 2024.

Pertandingan pertama berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno dengan kemenangan Indonesia 1-0 berkat gol dari Egy Maulana Vikri.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Bocorkan Waktu Pengumuman Nama Klub Barunya, Jadi Ke Oxford United?

Di pertemuan kedua di Stadion My Dinh, Indonesia menggulung Vietnam dengan skor telak 3-0, menunjukkan dominasi di kandang lawan.

2. Di Kelompok Umur Juga Dibantai

Meski hanya raih posisi ketiga, permainan timnas Indonesia U-16 dalam Piala AFF U-16 2024 luar biasa. (pssi.org)Meski hanya raih posisi ketiga, permainan timnas Indonesia U-16 dalam Piala AFF U-16 2024 luar biasa. (pssi.org)

Indonesia tidak hanya menjadi rival yang sulit bagi Vietnam di level senior, tetapi juga di level usia muda. Hal itu terbukti saat kedua tim bertemu dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16 2024.

Di Stadion Manahan, Rabu (3/7/2024), Indonesia menghancurkan Vietnam dengan skor telak 5-0. Tim yang dilatih Nova Arianto menunjukkan dominasi total dalam pertandingan tersebut.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #menarik #dari #dominasi #indonesia #atas #vietnam #lintas #turnamen #usia

KOMENTAR