Profil Zahaby Gholy, Pencetak Brace Timnas Indonesia U-16 ke Gawang Australia
Striker Timnas Indonesia Muhammad Zahaby Gholy berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Australia dalam semifinal Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]
17:12
2 Juli 2024

Profil Zahaby Gholy, Pencetak Brace Timnas Indonesia U-16 ke Gawang Australia

Mengenal lebih jauh sosok Zahaby Gholy, penggawa Timnas Indonesia U-16 yang mampu mencetak Brace atau dua gol ke gawang Australia di semifinal Piala AFF U-16 2024.

Nama Zahaby Gholy menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air usai menampilkan permainan apik berkat dua golnya ke gawang Australia, Senin (1/7) malam WIB.

Di laga tersebut, pemain yang berposisi sebagai winger ini mampu mencetak gol di menit ke-3 dan di menit ke-45+5 untuk Timnas Indonesia U-16.

Berkat dua golnya itu, Timnas Indonesia U-16 mampu menahan imbang Australia dengan skor 2-2 di paruh pertama, kendati skuad besutan Nova Arianto itu bermain dengan 10 orang sejak menit ke-20.

Baca Juga: Piala AFF U-16: Dijegal Australia, Timnas Indonesia Gagal Melaju ke Final

Sayangnya, Brace di paruh pertama yang dicetak Gholy tak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia U-16 di paruh kedua.

Di paruh kedua, Australia benar-benar mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan mencetak tiga gol tambahan.

Karenanya, Timnas Indonesia U-16 pun harus takluk dengan skor 3-5 dan gagal melangkah ke babak final Piala AFF U-16 2024.

Meski Timnas Indonesia U-16 gagal ke final, nama Gholy tetap dipuja karena aksinya melawan Australia. Lantas, seperti apa profilnya dan perjalanan kariernya di usia muda ini?

Jebolan Persija Youth

Baca Juga: Pantang Menyerah! 10 Pemain Timnas U-16 Masih Sanggup Bikin Australia Kalang Kabut Meski Skor Tertinggal

Zahaby Gholy merupakan pemain muda berusia 15 tahun yang lahir di Bekasi, Jawa Barat, pada 5 Desember 2008 silam.

Diketahui, pemain bernama lengkap Muhammad Zahaby Gholy itu saat ini berstatus sebagai penggawa Persija Youth.

Sebelum bergabung Persija Jakarta, Gholy diketahui menimba ilmu di sekolah sepak bola (SSB) Garuda Putra dan RNB Jakarta.

Selain itu, Gholy juga pernah menjadi bagian Persipasi Bekasi U-13 sebelum talentanya membuat Persija Youth merekrutnya.

Berkat performanya di usia muda itu, Gholy dipercaya Nova Arianto masuk tim utama Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFF U-16 2024 ini.

Kepercayaan yang diberikan Nova Arianto pun sejauh ini telah dibayar tuntas oleh Gholy, usai dirinya berhasil menjaringkan tiga gol dari empat laga di Piala AFF U-16 2024.

Ia menjadi top skor kedua Timnas Indonesia U-16 di ajang ini, tepat di belakang Mierza Firjatullah yang telah menjaringkan empat gol.

Kini, Gholy masih berpeluang menjadi top skor bagi Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 mengingat skuad Garuda Asia masih akan menjalani satu laga tersisa kontra Vietnam.

Laga kontra Vietnam ini sendiri akan menjadi laga perebutan tempat ketiga dan dijadwalkan digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3/7) sore WIB.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #zahaby #gholy #pencetak #brace #timnas #indonesia #gawang #australia

KOMENTAR