Kemampuannya Diragukan Suporter Persija, Carlos Pena: Saya Terima Kritik... Tapi Jangan Nilai Sekarang
Pelatih Persija Jakarta Carlos Pena saat dikenalkan kepada awak media (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
18:36
29 Juni 2024

Kemampuannya Diragukan Suporter Persija, Carlos Pena: Saya Terima Kritik... Tapi Jangan Nilai Sekarang

Kedatangan Carlos Pena sebagai pelatih Persija Jakarta ternyata tidak disambut antusias suporter tim berjuluk Macan Kemayoran, Jakmania. Diragukan oleh suporter timnya sendiri, juru taktik asal Spanyol itu berjanji akan membuktikan jika klub tidak salah pilih.

Dari segi pengalaman Carlos Pena memang minim. Sebelum menukangi Macan Kemayoran ia baru menukangi dua tim profesional yaitu Ratchaburi di musim 2023-2024.

Direktur Utama Persija Ambono Janurianto (tengah), Pelatih Carlos Pena (kanan), dan asisten pelatih Ricky Nelson (kiri). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Direktur Utama Persija Ambono Janurianto (tengah), Pelatih Carlos Pena (kanan), dan asisten pelatih Ricky Nelson (kiri). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Sebelum itu, ia berkarier di India bersama FC Goa pada musim 2022-2023. Minimnya pengalaman inilah yang membuat sang pelatih diragukan.

Bahkan, saat momen perkenalan di sosial media Persija, rating kemenangan Pena cuma 41 persen. Namun bagi Pena hal itu cuma angka semata.

Baca Juga: Persija Gelar Latihan Perdana Hari Ini Tanpa Rizky Ridho dan Witan Sulaeman, Simak Alasannya

"Situasinya bisa dilihat dari sudut pandang lain. Begini, bagi saya, musim lalu bersama Ratchaburi adalah kesuksesan besar. Mereka membangun tim untuk menghindari degradasi, tapi kita bisa finis di peringkat 6 dan mencapai perempat final Piala Liga, jelas itu pencapaian yang hebat," kata Carlos Pena saat konferensi pers di Bojongsari, Depok, Sabtu (29/6/2024).

"Memang situasinya berbeda. Mendapatkan persentase kemenangan 41% di tim yang dibuat untuk bersaing memperebutkan gelar, tentu tidak sama dengan tim yang berjuang menghindari degradasi."

"Saya mengerti keraguan dan opini yang muncul. Ini sepak bola. Saya sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia ini. Jadi, saya menerima kritik dan semua pendapat yang ada," jelasnya.

Lebih lanjut, Pena meminta suporter untuk tidak menilai kemampuannya sebagai pelatih saat ini. Pasalnya, ia baru bekerja di Persija selama dua hari.

"Jangan nilai saya sekarang. Nilai saya setelah masa tugas saya di Persija selesai. Saat itu, kita bisa bicara soal statistik dan performa saya di sini," terangnya.

Baca Juga: Resmi! Persija Umumkan Pelatih Baru, Bukan Sergio Farias

"Sekarang, waktunya untuk percaya pada keputusan yang dibuat. Waktunya untuk bekerja keras. Waktunya untuk mempersiapkan tim menghadapi liga dan jangan khawatir tentang saya," pungkasnya.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #kemampuannya #diragukan #suporter #persija #carlos #pena #saya #terima #kritik #tapi #jangan #nilai #sekarang

KOMENTAR