Hasil Copa America 2024: Lumat Kosta Rika 3-0, Kolombia ke Perempat Final
Penyerang timnas Kolombia, Luis Diaz di Copa America 2024. Aric Becker / AFP
08:48
29 Juni 2024

Hasil Copa America 2024: Lumat Kosta Rika 3-0, Kolombia ke Perempat Final

Timnas Kolombia menunjukkan dominasinya di Copa America 2024 dengan menumbangkan Kosta Rika 3-0 dalam laga yang dihelat di Stadion State Farm, Arizona, Sabtu (29/6/2024) pagi WIB. Kemenangan ini mengantarkan Los Cafeteros lolos ke babak perempat final dengan penuh percaya diri.

Kolombia membuka skor di menit ke-31 melalui tendangan penalti Luis Diaz. Hadiah penalti didapat setelah Jhon Cordoba dijatuhkan di kotak terlarang.

Diaz yang maju sebagai eksekutor dengan tenang melesakkan bola ke gawang Kosta Rika yang dijaga Patrick Sequeira.

Kolombia tampil dominan sepanjang pertandingan. Mereka menguasai bola hingga 71% dan menciptakan 8 peluang berbanding 3 milik Kosta Rika.

Baca Juga: Kalahkan Jamaika, Ekuador Kantongi 3 Poin Pertama di Copa America 2024

Di babak pertama, Kolombia hampir memperbesar keunggulan melalui James Rodriguez dan Davinson Sanchez, namun upaya mereka masih digagalkan Sequeira.

Di babak kedua, Kolombia terus menekan pertahanan Kosta Rika. Hasilnya, di menit ke-59, Davinson Sanchez berhasil memaksimalkan sepak pojok Jhon Arias dengan sundulannya yang merobek gawang Sequeira.

Kemenangan Kolombia semakin sempurna setelah Jhon Cordoba mencetak gol di menit ke-62. Umpan silang James Rodriguez dengan kaki kanannya berhasil dikonversi Cordoba menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Kolombia kokoh di puncak klasemen Grup D dengan 6 poin. Mereka akan menutup fase grup dengan menghadapi Brasil di laga terakhir.

Kosta Rika yang menduduki posisi kedua dengan 1 poin, masih berpeluang lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga: Copa America: Argentina Makin Perkasa, La Albiceleste ke Perempat Final

Selain Luis Diaz, James Rodriguez dan Jhon Cordoba juga patut mendapat pujian.

James Rodriguez menunjukkan visi dan kreativitasnya dalam mengomando lini tengah Kolombia. Ia juga berperan penting dalam gol ketiga Kolombia.

Sementara itu, Jhon Cordoba tampil energik dan merepotkan lini pertahanan Kosta Rika. Ia tak hanya mencetak gol, tetapi juga berperan dalam terciptanya peluang bagi Kolombia.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Kolombia untuk melangkah lebih jauh di Copa America 2024. Dengan skuad yang solid dan permainan yang atraktif, Kolombia siap menantang tim-tim kuat lainnya di babak selanjutnya.

Susunan Pemain Kolombia vs Kosta Rika:

Kolombia: Camilo Vargas; Daniel Munoz, Davinson Sanchez, Carlos Cuesta, Johan Mojica; Rios, Jefferson Lerma, Jhon Arias; James Rodriguez, John Cordoba, Luis Diaz.

Kosta Rika: Patrick Sequeira; Jeyland Mitchell, Juan Vargas, Francisco Calvo; Axell Quiros, Orlando Galo, Brandon Aguilera, Ariel Lassiter; Alvaro Zamora, Warren Madrigal; Manfred Ugalde.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hasil #copa #america #2024 #lumat #kosta #rika #kolombia #perempat #final

KOMENTAR