3 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong yang Punya Performa Apik Selain Jay Idzes
Pesepak bola Timnas Indonesia Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
17:36
27 Juni 2024

3 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong yang Punya Performa Apik Selain Jay Idzes

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah mendatangkan beberapa pemain naturalisasi. Jay Idzes adalah salah satu pemain naturalisasi yang tampil bersinar dan pantas menjadi andalan skuad Garuda.

Jay Idzes, bek andalan Timnas Indonesia, menjadi perhatian dan menarik minat klub Italia setelah sukses mengantarkan Venezia promosi ke Serie A 2024/2025.

Performa gemilangnya juga membuatnya menjadi sosok kunci dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di mana ia membantu Indonesia lolos ke putaran ketiga.

Selebrasi Jay Idzes setelah menjebol gawang Vietnam pada 26 Maret 2024 (pssi.org)Selebrasi Jay Idzes setelah menjebol gawang Vietnam pada 26 Maret 2024 (pssi.org)

Jay Idzes, yang mendapat KTP Indonesia pada Desember 2023, telah tampil impresif dengan satu gol dalam tiga penampilannya bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga: Euro 2024: Portugal Turunkan Tim Lapis Kedua, Roberto Martinez Bantah Remehkan Georgia

Selain Jay Idzes, ada tiga pemain naturalisasi lainnya yang juga tampil apik dan memiliki performa yang pantas menjadi andalan  Timnas Indonesia.

Nathan Tjoe-A-On

Awalnya diragukan, Nathan Tjoe-A-On berhasil menunjukkan kemampuannya bersama Timnas Indonesia setelah menjadi WNI pada Maret lalu.

Pemain 22 tahun ini brilian di Piala Asia U-23 2024, membantu Garuda Muda mencapai semifinal dan hampir lolos ke Olimpiade 2024, meskipun kalah tipis 0-1 dari Guinea dalam play-off.

Nathan juga mencatatkan assist penting dalam kemenangan melawan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Berikut Daftar 16 Tim yang Lolos Babak 16 Besar Euro 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Rafael Struick

Meskipun dikritik karena tidak mencetak gol dalam dua laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina, Rafael Struick tetap pemain naturalisasi yang memiliki catatan bagus. Setelah menjadi WNI pada 22 Mei tahun lalu, kinerja Rafael masih memuaskan.

Peran sentralnya membantu Timnas Indonesia U-23 mencapai semifinal Piala Asia U-23 2024, di mana dia bermain sebagai gelandang serang dan pengatur serangan.

Di putaran ketiga kualifikasi mendatang, Rafael kemungkinan besar akan tetap berkontribusi di lini tengah bersama Thom Haye.

Thom Haye

Thom Haye, gelandang yang disukai Shin Tae-yong, tidak hanya ahli dalam memberikan umpan-umpan kreatif, tetapi juga memiliki kemampuan mencetak gol yang memukau.

Ia membuktikan hal ini dalam laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, di mana golnya pada menit ke-32 membangkitkan kegembiraan ribuan penggemar termasuk Presiden Joko Widodo.

Sejak menjadi WNI pada Maret 2024, gelandang berusia 29 tahun ini telah tampil dalam tiga pertandingan di bawah arahan STY. Debutnya dalam kemenangan 3-0 melawan Vietnam melibatkan kontribusi assist.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #shin #yong #yang #punya #performa #apik #selain #idzes

KOMENTAR