Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-16 Lolos jika Kalah dari Laos
Timnas Indonesia U-16 baru bisa membobol gawang Filipina pada babak kedua dan menang 3-0. (pssi.org)
14:06
27 Juni 2024

Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-16 Lolos jika Kalah dari Laos

Menghitung kans Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2024 andai takluk dari Laos di laga terakhir Grup A.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga terakhir grup A menghadapi Laos pada Kamis (27/6) pukul 19.30 WIB di Stadion Manahan, Solo.

Laga melawan Laos ini sendiri menjadi laga hidup mati bagi skuad besutan Nova Arianto guna menembus babak semifinal Piala AFF U-16 2024.

Saat ini, Timnas Indonesia U-16 tengah duduk di puncak klasemen grup A dengan torehan enam poin. Torehan itu sama dengan Laos yang duduk di peringkat kedua.

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Indonesia Wajib Jadi Starter Lawan Laos Agar Lolos Semifinal Piala AFF U-16 2024

Meski poinnya dengan Laos sama, Timnas Indonesia U-16 sendiri unggul dalam selisih gol dengan plus enam gol, unggul dua gol dari Laos.

Karenanya, duel Timnas Indonesia U-16 vs Laos kali ini akan menjadi duel perebutan juara grup sekaligus tiket otomatis ke semifinal Piala AFF U-16 2024.

Sekadar informasi, di Piala AFF U-16 2024 ini hanya juara grup yang akan otomatis ke semifinal dan Runner Up grup akan memperebutkan satu tiket tersisa dengan Runner Up grup lainnya.

Secara matematis, Timnas Indonesia U-16 hanya butuh minimal hasil imbang saat berhadapan dengan Laos untuk menjadi juara grup A.

Namun, bagaimana jika nantinya Timnas Indonesia U-16 tumbang dari Laos? Bagaimana kans Mierza Firjatullah dkk untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2024?

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 vs Laos U-16 Jam Berapa?

Bergantung dengan Hasil Grup Lain

Jika kalah dari Laos di laga terakhir grup A, Timnas Indonesia U-16 mau tak mau harus bergantung kepada hasil pertandingan terakhir di grup lain.

Andai kalah dari Laos, Timnas Indonesia U-16 otomatis akan masuk ke klasemen Runner Up grup dan bersaing dengan peringkat kedua lainnya untuk merebut satu tiket tersisa ke semifinal.

Di klasemen Runner Up ini, nantinya peringkat kedua masing-masing grup akan dihitung melalui poin yang didapat di fase grup, kemudian dihitung selisih golnya jika poin ketiga Runner Up sama.

Jika kalah dari Laos, Timnas Indonesia U-16 hanya akan mengoleksi enam poin. Torehan enam poin ini belum aman bagi skuad asuhan Nova Arianto kelak.

Karenanya, Timnas Indonesia U-16 harus berharap Vietnam atau Kamboja di grup B maupun Thailand atau Australia di grup C tak bisa meraih kemenangan di laga terakhirnya.

Jika empat tim tersebut tak bisa menang di laga terakhir, maka Runner Up dari grup B dan grup C kelak maksimal hanya meraih enam poin, atau sama dengan torehan Timnas Indonesia.

Nah jika poinnya sama, Timnas Indonesia U-16 juga harus kalah dengan skor sekecil mungkin, yakni kalah 0-1 saja dari Laos agar selisih golnya tetap terjaga.

Jika kalah 0-1 dari Laos, Timnas Indonesia U-16 akan memiliki plus lima gol yang saat ini dirasa cukup untuk menjamin kelolosan ke semifinal Piala AFF U-16 2024.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #hitung #hitungan #timnas #indonesia #lolos #jika #kalah #dari #laos

KOMENTAR