Bek Vietnam Tabuh Genderang Perang, Siap 'Main Kasar' Lawan Timnas Indonesia
Bek Timnas Vietnam, Vo Minh Trong (tengah) mengontrol bola pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Filipina vs Vietnam di Manila pada 16 November 2023. Ted ALJIBE / AFP.
14:36
18 Januari 2024

Bek Vietnam Tabuh Genderang Perang, Siap 'Main Kasar' Lawan Timnas Indonesia

Bek Vietnam, Vo Minh Trong, menegaskan dirinya tidak takut menghadapi para pemain Timnas Indonesia yang dikenal tampil agresif dan berani adu fisik di atas lapangan.

Hal itu disampaikan pemain yang disebut-sebut sebagai favorit pelatih Philippe Troussier itu sehari jelang duel Timnas Indonesia vs Vietnam.

Skuad Garuda dijadwalkan menghadapi Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Para pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFPPara pemain Vietnam usai pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Jepang dan Vietnam di Stadion Al-Thumama di Doha pada 14 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP

Menurut Vo Minh Trong, seluruh pemain Vietnam sudah mempersiapkan diri jelang laga ini, termasuk mengantisipasi potensi laga berlangsung keras dengan banyak duel-duel fisik.

"Kami semua tahu dan sadar untuk mengatasi situasi yang terjadi dengan diri kami sendiri," kata Vo Minh Trong dikutip dari Soha, Kamis (18/1/2024).

"Di lapangan permainan, yang menjadi perhatian hanyalah keahlian, fokus bermain sepak bola menuju hasil terbaik."

Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (kiri) tampil di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (kiri) tampil di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]

Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Vietnam memiliki tingkat kepentingan yang tinggi bagi kedua negara dalam ambisi lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Kedua tim tersebut mengalami kekalahan pada matchday pertama, dengan Timnas Vietnam dikalahkan oleh Jepang 2-4, sementara Indonesia tumbang 1-3 dari Irak.

Dengan demikian, pertandingan antara dua negara ASEAN ini menjadi kesempatan untuk memperpanjang harapan lolos ke babak 16 besar, setidaknya melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Jika merujuk pada rekor pertemuan, Timnas Indonesia dianggap sebagai tim yang kurang diunggulkan menjelang pertandingan ini.

Rekor pertemuan kedua tim tidak berpihak kepada Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, terakhir kali Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam terjadi pada tahun 2016, alias sudah sekitar tujuh tahun yang lalu.

Gol terakhir yang dicetak oleh Garuda ke gawang Vietnam di level senior juga sudah terjadi cukup lama yakni pada 2019.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #vietnam #tabuh #genderang #perang #siap #main #kasar #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR